90% Penderita Kanker Lampura Masuk Stadium Lanjut


90% Penderita Kanker Lampura Masuk Stadium Lanjut

gentamerah.com Kotabumi – Rumah Sakit Umum (RSUD) Mayjend, HM, Ryacudu Kotabumi,  Lampung Utara, menggelar Ryacudu Cancer Week ( Minggu Kanker ) dan Talk Show. Acara tersebut dilaksanakan untuk menggugah warga akan pentingnya deteksi dini penyakit kangker, Senin (06/03/2017), di Aula rumah sakit setempat.
Dalam acara tersebut, disosialisasikan mengenai deteksi dini kanker kepala,  leher,  kanker paru,  kanker payudara,  dan kanker mulut rahim. Hadir mewakili Bupati H Agung Ilmu Mangkunegara,  asisten III efrizal Ersad,  SKPD,  para dokter specialis,  serta pegawai Kesehatan serta masyarakat Lampung Utara.
Asisten III,  Efrizal mengatakan, pemda Lampura melakukan pembangunan disegala bidang, salah satunya bidang kesehatan. Prioritas utama pemerintah daerah dalam segi kesehatan yakni melakukan pengobatan gratis,  program tanggap siaga, Mobil ambulan  call center yang siap 24 jam dalam melayani masayarakat.
“Saat ini, penerintah sedang giat melaksanakan pembangunan diberbagai bidang,  dengan adanya kerja keras bersama, pembangunan di Lampung Utara sangat mengalami kemajuan pesat. Ini dapat dilihat dari meningkatnya kinerja aparatur pemerintah,  seperti dibidang kesehatan,  pendidikan,  pembangunan,   inspratruktur jalan, jembatan, pembangunan, gedung, serta sarana dan preasana pendidikan,”  ujar Efrizal.
Harapannya, melalui acara Ryacudu week and talk show tersebut mampu menggugah kesadaran semua pihak,  akan pentingnya mendeteksi dini dan pencegahan penyakit kanker.
”Penyakit kanker saat ini meningkat,  itu diakibatkan dengan pola hidup masyarakat yang kurang sehat, apalagi dengan banyaknya penggunaan minuman alkohol,  dan pecandu rokok, ” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Ryacudu,  dr. Syah Indra Husada Lubis, diwakili dokter spesialis bedah Markus ,mengatakan tujuan diadakannya acara itu untuk mensosialisasikan,  dan memberi kesadaran kepada masyarakat betapa bahayanya penyakit kanker.

“Kita tahu,di Lampung Utara, 90 persen penderita kanker sudah masuk stadium lanjut. Kita berharap masyarakat jika ada keluarga yang terdeteksi mengidap penyakit kanker, harus cepat dipriksakan kerumah sakit, agar kita bisa memberikan penangan yang maksimal. Karena penyakit kanker sangat berbahaya dan bisa menular kemana saja,” kata dia.
Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno

Posting Komentar

0 Komentar