Sejumlah Nama Mulai Bermunculan Meraih Kekuasaan Tanggamus

Sejumlah Nama Mulai Bermunculan Meraih Kekuasaan Tanggamus

gentamerah.com TANGGAMUS - Meskipun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tanggamus Provinsi Lmampung,  baru akan dihelat pada Juni 2018 mendatang, suhu politik di Bumi Begawi Jejama sudah mulai memanas. Sejumlah nama mulai digadang-gadang bakal berebut pengaruh menuju kursi nomor 1 di kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama itu.
Diprediksi perebutan kursi nomor satu di Tanggamus kali ini  bakal seru, karena semua bakal calon mempunyai peluang meraup simpatik masyarakat. Euforia Pilkada Tanggamus 2018 mulai menghangat, masyarakat mulai ramai membicarakan politik, baik dalam obrolan sehari-hari bahkan dimedia sosial (medsos). Siapa pengganti bupati/wakil bupati Tanggamus,  hangat dibicarakan di masyarakat.
Sejumlah nama mulai muncul dan menjadi perbincangan. Nama-nama lama serta pendatang baru acap kali menjadi topik hangat dalam pembicaraan. Beberapa diantaranya, sudah ada yang melakukan sosialisasi dan mengaku siap bertarung pada Pilkada 2018 mendatang.
Peta politik memang belum terlihat, siapa mendukung siapa, termasuk konstalasi politik. Selain Samsul Hadi (SH) yang saat ini menjabat pelaksana tugas (Plt) Bupati Tanggamus yang notabene adalah incumbent dan Dewi Handajani (DH) (istri bupati Tanggamus non aktif)  belum ada yang menegaskan resmi bakal bertarung di 2018 nanti.
Kendati belum mencuat, berdasarkan penelusuran gentamerah.com,  sejumlah nama mulai digadang-gadang bakal berkompetisi melawan Samsul dan Dewi, menjadi Bupati Tanggamus. Sebut saja penantang lama Juanto Muhazirin (JM), dan Fauzan Sya’ie (mantan Bupati Tanggamus).
Belakangan tersebar khabar,  jika Fauzan Sya'ie tidak akan maju dalam Pilkada dan lebih mendorong putranya, Amrullah El Hakim (anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai Nasdem) untuk maju Pilkada Tanggamus 2018.
Kemudian politisi senior PKS, Akhmadi Sumaryanto juga digadang-gadang maju bertarung menuju BE 1 V.  Darussalam (Ketua DPC Partai Gerindra Tanggamus), Joko Santoso (anggota DPRD Provinsi Lampung dari PAN), Kherlani (mantan Wakil Walikota Bandar Lampung) dan Zubirmansyah (pegawai pajak).
Sementara untuk bakal calon  wakil bupati, beredar nama-nama seperti, H. Nuzul Irsan (anggota DPRD Tanggamus), Ahmad Barkhiya (pengusaha/mantan anggota DPRD Tanggamus), Supardi (Kepala Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting), Hajin M Umar (anggota DPRD Tanggamus).
"Hasil pengamatan kami, sejumlah nama tersebut banyak diperbincangkan, bakal menjadi calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada tahun 2018 mendatang. Hal ini menunjukan tingkat demokrasi dan pendidikan politik di Kabupaten Tanggamus yang semakin baik,” ujar Yoga, koordinator Masyarakat Madani Tanggamus kepada gentamerah Kamis (2/3/2017).
Menurut dia,  tingkat partisipasi dan kepedulian masyarakat Tanggamus meningkat, sejalan dengan semakin berkembangnya pembangunan di Bumi Begawi Jejama. Sejak dipenghujung tahun 2016, masyarakat sudah mulai menginventarisir tokoh-tokoh yang diharapkan mampu membawa perubahan dalam kepemimpinannya nanti.
Saat ini, tingkat partisipasi masyarakat terhadap demokrasi dan perpolitikan semakin bagus. Inventarisir sejumlah tokoh yang diprediksi bakal menjadi calon bupati dan wakil bupati mulai ramai diperbincangkan,” kata dia.

Penulis : Sayuti Rusdi
 Editor : Seno

Posting Komentar

0 Komentar