Pemkab Pesawaran Gelar Sangrai Kopi Bersama Debu Band

Tingkatkan Produksi Hasil Bumi, Pemkab Pesawaran Gelar Sangrai Kopi

gentamerah.com| Pesawaran-  Guna meningkatkan produksi kopi sekaligus memperkanalkan ke khalayak ramai kenikmatan kopi asal Kabupaten Pesawaran, Lampung, Pemkab setempat menggelar Festival sanggrai kopi, bersama Debu Band, di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Waylima, Kamis (23/08/2018).

Bupati Pesawaran, Dendi Rama Dhona mengatakan, kerjasama tersebut dapat meningkatkan kembali produksi kopi yang semakin berkurang, diakibatkan oleh kerusakan atau tua, sekaligus sebagai jembatan untuk memasarkan kopi Desa Tanjung Agung yang memang mempunyai kualitas unggul kepada masyarakat luas.

Menurutnya, pembangunan nasional yang mencakup seluruh aspek kehidupan diselenggarakan bersama oleh masyarakat dan Pemerintah. Masyarakat menjadi pelaku usaha pembangunan dan Pemerintah berkewajiban mengarahkan dan membimbing masyarakat.

"Kabupaten Pesawaran merupakan daerah yang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi, terutama pada sektor pertanian dan industri, sehingga paradigma pembangunan ekonomi harus dititik beratkan pada kesadaran pengembangan pertanian yang kuat yang bertujuan pada pengembangan potensi sumber daya lokal dengan industri yang maju," ucap Dendi.

Dendi menjelaskan, pengembangan potensi ekonomi daerah juga harus terbuka luas bagi terciptanya demokrasi ekonomi yang bertujuan pada ekonomi kerakyatan.

"Seiring dengan perubahan paradigma, orientasi pembangunan pertanian secara luas, maka pembangunan sektor perkebunan juga sudah selayaknya bergeser dari orientasi menjual hasil perkebunan menuju arah agroindustri,” kata dia.

Orang Nomor satu di Bumi Andan Jejama ini menerangkan, kopi menjadi salah satu komoditas yang sedang dikembangkan dan diproduksi oleh PKK Desa Tanjung Agung.

"Ini merupakan hal yang sangat positif, karena melibatkan UP2K dan masyarakat secara langsung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Agung. Untuk itu, melalui kerjasama ini, saya berharap hasil produksi kopi dan kakao Pesawaran khususnya yang ada di Desa Tanjung Agung ini dapat bersaing dan meraih pangsa pasar nasional maupun internasional," papar Dendi.
Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno

Posting Komentar

0 Komentar