Loekman : Dalam Menyajikan Berita Wartawan Harus Sesuai Fakta

Loekman : Dalam Menyajikan Berita Wartawan Jangan Harus Fakta

gentamerah.com| Lampung Tengah – Insan pers dalam menjlankan tugasnya agar selalu menjunjung tinggi norma-norma dan aturan, yang terkandung dalam aturan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), dengan mengutamakan kejujuran serta berimbang.
Permintaan tersebut diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto, saat memberikan sambutan, pada acara pengukuhan Paguyuban Jurnalis Lampung Tengah (PJLT), masa bhakti 2018-2021, di Nuwo Balai, Gunungsugih, Selasa (4/9/2018).

"Saya berharap, kepada semua teman-teman wartawan, agar dalam menyajikan berita yang berimbang dan sesuai fakta. Dan yang paling penting, beritanya harus sesuai fakta, jangan mengada-ada dengan data yang tidak akurat," harapnya.


Loekman : Dalam Menyajikan Berita Wartawan Jangan Harus Fakta

Hadir dalam acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 Wib, para asisten pembantu Bupati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Lapas Gunungsugih dan beberapa Kepala SLTA se-Lamteng.

Wabup menambahkan, karena berita yang tidak sesuai fakta, dikhawatirkan akan menimbulkan fitnah, yang menjatuhkan martabat orang lain, hingga berimbas kepada istri dan anak-anaknya serta anggota keluarga lainnya. Karena pemberitaan media masa, mampu membentuk opini di masyarakat.

Ada hal lain, tambah Loekman, yang juga mesti diperhatikan oleh para jurnalis, jangan sampai akibat pemberitaan, justru menimbulkan keresahan di masyarakat. Media harus menjadi sarana yang mendidik, pencerahan dan alat pemersatu di masyarakat.

"Jangan sampai berita kita menjadi provokator, yang menimbulkan keresahan di masyarakat, sehingga memancing kekisruhan. Karenanya, penting bagi wartawan untuk menyajikan pemberitaan sesuai fakta dilapangan," pungkas Wabup.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar