Bogorjo Pesawaran Wakili Lampung Lomba Desa PKK Tingkat Nasional

Bogorjo Pesawaran Wakili Lampung Lomba Desa PKK Tingkat Nasional

gentemerah.com | Pesawaran – Desa Bogorjo,  kecamatan Gedungtataan,  Kabupaten Pesawaran, mewakili Provinsi Lampung, menjadi tuan rumah Lomba Desa PKK - KKBPK Kesehatan Tingkat Nasional.

Ketua Tiem verifikasi Lomba PKK-KKBPK, Komari mengatakan, bahwa lomba desa tersebut bukanlah sebuah penilayan,  tetapi merupakan pemberian aspresiasi dari pemerintah pusat.

"Dari yang terbaik menjadi yang lebih terbaik, ini kan Program Kesatuan gerak PKK - KKB kesehatan, Penyatuan Program BKKBN antara  KKBPK dengan Program PKK. Pada setiap tahunnya dilakukan evaluasi penilayan bukan pertandingan," kata dia,  kepada Awak media,  di Desa Bogorjo, Kecamatan Gedongtataan, Selasa, ( 19/03/2019).

Menurut Komari,  yang mengikuti lomba kesrak kesehatan tidak seluruh kabupaten yang ada di Negara Indonesia.  Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia,  hanya 12 kabupaten di 12 Provinsi. “Untuk Provinsi Lampung Kabupaten Pesawaran sebagai perwakilan.  Sebelumnya Tiem ferifikasi Lomba Desa PKK - KKBPK Pertama berkunjung ke Provinsi Jawa Barat,  Kabupaten Sumedang,  kabupaten Pesawaran ini kunjungan yang kedua," jelas dia.

Menurutnya,  yang dinilai adalah program umumnya, dalam panduan pencapaian kepesertaan Keluarga berencana. “Peran pokja yang ada di PKK, mempunyai kegiatan dan dari kader kadernya itu mempunya normatif," kata dia.

Sementara itu,  Bupati Pesawaran,  Dendi Rama Dhona merasa bangga terhadap Desa Bogorjo, sebab sudah mewakili Provinsi Lampung untuk lomba tingkat Nasional.

" Desa Bogorjo mengikuti Lomba Desa PKK - KKBPK tingkat Nasional,  ini merupakan sebuah Prestasi,  maka itu harus kita tingkatkan lagi. Bukan sekedar gengsi seremonial saja, tetapi lebih memberdayakan pokja- pokja yang ada di desa. Dalam lomba ini juga bukan kita mengejar riwetnya, melainkan adalah bisa berkelanjutan dari Program ini,” ujarnya.

Dendi berjanji, jika desa tersebut mendapat Juara di tingkat Nasional, maka akan diberikan riwet.  "Kalau masalah riwet ada, berupa dukungan Infrastruktur atau hibah. Yang pasti,  kalau desa sudah bawa Prestasi di Kabupaten Pesawaran,  sudah Pasti ada nilai tambah pada kegiatan berikutnya," tutup Dendi

Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno

Posting Komentar

0 Komentar

Jam'an Kepsek SDN 1 Jukubatu

Arifah Mulyani Kepsek SDN 1 Banjit

M Rizal Kepsek SDN 3 Argomulyo

SDN 1 ARGOMULYO

Sri Lestari Kepsek SDN 1 Donomulyo

Rupiamah Kepsek SDN 1 Rantau Jaya