Hadapi Segala Kerawanan Pemilu Polda Lampung Lakukan Sekorsing

Hadapi Segala Kerawanan Pemilu Polda Lampung Lakukan Sekorsing

gentamerah.com | Mesuji – Menghadapi segala kerawanan ancaman pada  Pemilu 17 April 2019 mendatang, Polda Lampung melakukan sekoring atau penilaian hingga  menjelang pemilu. Polda Lampung  telah melakukan beberapa upaya dalam rangka persiapan pengamanan pemilu.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Lampung,  Brigjend Polisi Teddy Minahasa Putra dalam jumpa persnya, saat kunjungan kerja ke Kabupaten Mesuji, di Taman Keanekaragaman Hayati, Desa Mekar Jaya, kecamatan Tanjung Raya, Rabu, (13/03/2019).

"Sekoring atau penilaian sampai deminika menjelang pemilu itu dilaksanakan sampai minggu tenang.  Kita mengadakan sekoring secara real dearah mana-mana yang rawan,"ujarnya.

Dikatakannya, konflik sosial atau kerawanan yang tinggi justru terjadi pada saat delivery logistik pemilu, karena tidak menutup kemungkinan kerawanannya ada pada kondisi alam,  seperti gempa bumi, kemudian cuaca, pasang surut air dan sebagainya lebih banyak kepada masalah-masalah alam.

"Oleh sebab itu, nantinya langkah lain yang dilakukan oleh Polda ya kita mengorbankan fungsi Polair yang ada disekitar marinir angkatan laut,"tambahnya.

Sementara itu, Plt Bupati Mesuji Saply.TH., mengatakan,  peran serta masyarakat atau partisipasi masyarakat sebetulnya lebih banyak dibutuhkan pada konteks preventif atau masa-masa menjelang pemilu berlangsung.

"Untuk itu, saya mohon kepada masyarakat agar bisa mencegah hal-hal yang berpotensi menjadi ancaman nyata, itulah yang dibutuhkan. Peran serta dan partisipasi masyarakat guna mendukung kinerja pihak keamanan dalam hal ini  TNI dan Polri serta linmas,"Ucap Saply.

Saply menambahkan, terkait pemilu pihaknya memastikan akan menambah personil Polisi Pamong Praja dan Linmasnya pada titik tertentu yang dianggap rawan. Namun sejauh ini putra daerah Mesuji itu yakin bahwa Pemilu di Mesuji akan berlangsung Aman, Sejuk, dan Damai.

Penulis : Andi Sunarya
 Penyunting : Yana