Komite Sekolah MAN 1 Metro Kucurkan Dana Rp36 Juta Untuk Beasiswa

Komite Sekolah MAN 1 Metro Kucurkan Dana Rp36 Juta Untuk Beasiswa

gm.com | Metro – Bagi siswa siswi baru Tahun Pelajaran 2019/2020, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Metro Lampung,  peraih juara tingkat Nasional,  mendapatkan beasiswa selama satu tahun.  Dana tersebut merupakan kucuran dari Komite sekolah setempat.

Dana seebesar Rp36 juta sebegai beasiswa itu, diberikan secara simbolis kepada orangtua wali murid usai rapat pengurus Komite dengan orangtua wali siswa baru, di aula kampus II sekolah setempat, Sabtu (23/3/2019).

Ketua Komite MAN 1 Metro,  Drs. H. Bahuji, M.Ag mengatakan,  bahwa pemberian reward beasiswa peraih juara Nasional  itu  merupakan program setiap tahun ajaran baru.  “Jadi ada delapan siswa baru yang mendapat beasiswa diantaranya, Rifa Nafisa Hadi, Azril Dafa Raihan, Muhammad Irvan Agil, Indah Sawitri, M. Dzaki Sugiharto, Alisya Salsabilah Sugandi, Nadia Sava Arista, dan Melani Putri Andika. Dengan beasiswa ini saya berharap prestasi mereka (Siswa Red) terus meningkat saat di MAN 1 Metro,”ungkapnya.

Menurutnya, rapat komite dilakukan bertujuan memberikan informasi kepada orangtua wali tentang transparasi managemen dan pengembangan MAN 1 Metro.
“Selain menjalin tali silahturahmi, rapat ini juga menitik beratkan untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan peserta didik di MAN 1 Metro. Jadi kedepan supaya orangtua wali juga ikut mengetahui apa saja kegiatan anak -anaknya selama di sekolah mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM),”bebernya.

Bahuji menjelaskan, dalam rapat tersebut  juga memberikan informasi kesepakatan biaya dana partisipasi masyarakat atau dana sumbangan pendidikan.  Sehingga orangtua mengetahui dan bisa mengambil kesepakatan bersama sekolah dan  komite sekolah.

Sementara itu,  Kepala MAN 1 Metro, Antoni Iswantoro, M. Ed  mengatakan, rapat bersama walimurid  sangat penting dan bermanfaat,  untuk menambah informasi dan sinergitas antara komite, sekolah dan orangtua wali.

“Ya dalam rapat ini. Kita juga paparkan sosialisasikan program komite madrasah dan pemberian beasiswa komite bagi orangtua yang putra-putrinya juara Nasional yang diberikan beasiswa 1 tahun. Lalu wawancara dengan orangtua dengan pengurus komite tentang kesepakatan pembiayaan, pengajuan keringanan atau pembebasan biaya bagi keluarga tidak atau kurang mampu. Dan apa saja yang menjadi program MAN 1 Metro kita paparkan. Tentu dengan sinergitas orangtua dan guru dalam menciptakan generasi islami dan berprestasi, “ujarnya.

Untuk diketahui, kata Kepsek, Komite MAN 1 Metro memberikan beasiswa khusus tahfidz yang diberikan berdasarkan hasil uji kompetensi tahfidz yang kredibel yang diselenggarakan oleh lembaga tahfidz atau tim penguji yang di tunjuk madrasah, bagi siswa yang hafal Alquran minimal 3 juz dan berlaku hanya satu tahun.

“Nah,  beasiswa tahfidz 30 persen bagi tahfidz 3 juz,  40 persen bagi tahfidz 4 juz sampai kejumlah hafalan yang lebih tinggi.  Yang hafal Alquran 10-30 Juz diberikan beasiswa 100 persen selama 1 tahun dan dapat diperpanjang dapat diperpanjang sesuao hasil uki kpmpetensi. Jika tahun berikutnya siswa yang bersangkutan tidak memiliki peningkatan hafalan Alquran maka tidak dapat diberikan beasiswa tahfidz, “ungkapnya.

Kurniati,  salah satu orangtua wali siswa yang mendapat beasiswa mengaku senang dan bangga terhadap putrinya yang meraih beasiswa 1 tahun di MAN 1 Metro.

“Alhamdulilah saya senang, anak saya Khansa Haura Inas (vokal Nasyid) dari SMP Mu Ahmad Dahlan Metro. Dia berprestasi saat mengikuti The Olimpiade Of Q Qur’an ART & Teknology (OLYQ) 2017,”tandasnya.

Penulis : Decky
 Editor : Seno

Posting Komentar

0 Komentar