KPU Mesuji Kurang Sosialisasi, Warga Mengaku Masih Bingung Disuguhi Banyak Surat Suara

KPU Mesuji Kurang Sosialisasi, Warga Mengaku Masih Bingung Disuguhi Banyak Surat Suara

gentamerah.com | Mesuji- Diduga kurangnya sosialisasi dari penyelenggara pemuli, masyarakat di Kabupaten Mesuji Lampung, banyak tidak memahami tata cara mencoblos lima surat suara. Padahal pesta demokarasi sebentar lagi akan diselenggarakan pada 17 April 2019, untk memilih legislatif tingkat kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan Presiden dan Wakil Presiden.

Masyarakat berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji agar lebih intens memberikan sosialisasi, tentang bagaimana cara menyoblos lima surat suara.  

Sri (49),  salah satu Warga Kecamatan Pancajaya,  kepada Genta Merah mengatakan, selama ini belum pernah ada dari KPU Mesuji yang memberikan sosialisasi tentang cara menyoblos lima surat suara dengan warna yang berbeda-beda. “Kayak mana suarat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi serta DPR RI dan DPD, warna apa yang Presiden dan wakil presiden, kami ga paham,” ujarnya, Rabu (22/3/2019).

Hal senada diungkapkan warga lain di  Kecamatan Tanjungraya, diakuinya kepedulian dari KPU kepada para pencoblos tidak ada. “Saya sama sekali belum paham,  bagaimana cara menyoblos dan bagai mana aturannya, tapi kalau diberikan sosialisasi pasti paham kok,” ujar  Eli (28).

Menurutnya, jika tidak ada seosialisasi maka dikhawatirkan  banyak masyarakat yang salah coblos atau surat suara akan mengalami rusak, bahkan golput, “ kata dia.


Penulis : Andi Sunarya
 Penyunting : Yana

Posting Komentar

0 Komentar