Adi Luhur dan Fajar Indah, Wakili Mesuji Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung

Adi Luhur dan Fajar Indah, Wakili Mesuji Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung

gentamerah.com | Mesuji -  Dua desa Kabupaten Mesuji Lampung, akan mewakili kabupaten setempat dalam lomba Desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2019. Dua desa tersebut, Desa Adi Luhur, dan Desa Fajar Indah, keduanya berada di  Kecamatan Pancajaya.

Selama satu bulan penuh, baik pihak desa maupun dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melakukan berbagai persiapan semaksimal mungkin guna meraih nilai terbaik dan menjadi juara pada kegiatan penilaian Lomba Desa oleh tim penilai yang di Ketuai Kadis PMD Provinsi Lampung, pada Jumat (5/4/2019).

Kepala Desa Adi luhur, Suharman, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim penilai lomba Desa Provinsi Lampung di Desa nya, diketahui Desa Adi Luhur merupakan salah satu dari 105 Desa yang ada di Mesuji, yang terpilih untuk mewakili bumi ragab begawe caram itu pada perhelatan tahunan Lomba Desa ini.

“Desa Adi luhur berdiri sejak tahun 1983, dan memiliki jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1209 KK. Alhamdulilah perkembangannya sangat pesat dengan adanya bantuan dari Dana Desa, dan Alokasi Dana Desa, mampu menunjang percepatan pembangunan dan kemajuan di desa,”ungkap Suharman.

Adi Luhur dan Fajar Indah, Wakili Mesuji Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung

Suharman mengatakan, Desa Adi Luhur merupakan Desa dengan Adminitrasi terbaik, dari bidang pemerintahan, badan usaha yang mendukung, serta sarana olah raga yang mencukupi untuk masyarakat.

“Desa Adiluhur merupakan desa dengan administrasi terbaik di Mesuji. Namun semua itu tentunya akan bisa dilihat dan dibuktikan sendiri oleh tim penilai sesuai hasil penilaiannya.Yang pasti, kami sangat berharap bisa menjadi juara dan mengharumkan nama Mesuji di tingkat Nasional,”tambahnya.

Kepala Desa Fajar Indah, Nadir mengatakan,  pada tahun ini desa nya mewakili penilaian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Mesuji di tingkat provinsi Lampung dan siap mewakili provinsi Lampung ditingkat nasional.

"Kami berharap, kepada tim penilai BBGRM dari Provinsi Lampung dapat menilai produk-produk yang kita pamerkan yang merupakan produk asli dari Desa Fajar Indah dan tentunya tak lupa pula dengan harapan bahwa Desa ini siap untuk mewakili provinsi Lampung dalam lomba BBGRM ditingkat nasional,” imbuhnya.

Ketua Tim Penilai Lomba BBGRM tingkat Provinsi Lampung, Meiry Harika Sari mengatakan, Keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran pemerintah daerah pada umum nya dan pemerintah desa pada khususnya. Salah satu budaya bangsa indonesia yang perlu dilestarikan untuk menunjang keberhasilan pembangunan adalah nilai-nilai gotongroyong yang tumbuh dalam masyarakat indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, kegiatan BBGRM bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan menuju pada pembangunan integrasi sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.
Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji, Saply TH, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Desa beserta perangkatnya, Camat, Kepala dan Jajaran Dinas PMD, serta Masyarakat yang telah berkerja keras mempersiapkan berbagai hal di Desa Adiluhur ini guna mengikuti Lomba Desa tingkat Provinsi Lampung.

“Harapannya kepada tim penilai lomba Desa tingkat Provinsi, semoga Desa Adi Luhur yang ada di Kabupaten Mesuji ini dapat menjadi juara dan mampu mewakili Lampung di tingkat Nasional dengan segala persiapan dan kondisi fasilitas, sarana-prasarana yang ada di Desa ini sudah sangat baik,”Kata Saply.

Ketua tim penilai lomba Desa tingkat provinsi, Yuda Setiawan yang juga merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung menginginkan agar, pihak Desa Adi Luhur dapat memberikan data yang sebenar – benarnya kepada Tim Penilai.

“Ada beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian kami dalam lomba desa yakni meliputi, bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan, yang mencakup di desa. Untuk itu, saya harapkan agar Desa ini dapat memberikan data yang sebenar-benarnya.”ucapnya.

Disamping itu, Yuda juga berpesan kepada seluruh Kepala Desa, Camat, Kepala Dinas PMD untuk dapat segera mempercepat pengajuan pencairan Dana Desa di bulan ini, supaya dapat mempercepat pembanguan Infrastruktur di Desa.

Ditempat yang sama, Kepala DPMD Mesuji Sunardi, SE., berharap Mesuji mendapat hasil yang baik dari tim penilai. Menurutnya, desa-desa di Mesuji sudah masuk dalam kategori baik dan siap berdaya saing dengan desa di daerah lain.

“Kita tidak minta juara kepada tim penilai, tapi kita berharap bisa mendapat penilaian yang terbaik,”harapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Marhakim, juga menaruh harapan besar agar Desa Adi Luhur mampu memproleh hasil yang baik sesuai dengan kerja keras yang sudah jajaran pemerintahan serta masyarakatnya menjelang perlombaan.

“Saya berharap upaya dan kerja keras kepala, perangkat, dan masyarakat Desa Adi Luhur ini bisa terbayar dengan menjadi Desa terbaik dan mampu mewakili Lampung ditingkat Nasional,”tandasnya.

Penulis : Andi Sunarya
 Penyunting : Yana

Posting Komentar

0 Komentar

Jam'an Kepsek SDN 1 Jukubatu

Arifah Mulyani Kepsek SDN 1 Banjit

M Rizal Kepsek SDN 3 Argomulyo

SDN 1 ARGOMULYO

Sri Lestari Kepsek SDN 1 Donomulyo

Rupiamah Kepsek SDN 1 Rantau Jaya