Beri Pehaman Warga, KPU Mesuji Gelar Simulasi Pencoblosan Lima Surat Suara

Beri Pehaman Warga,  KPU Mesuji Gelar Simulasi Pencoblosan Lima Surat Suara


Penulis : Andi Sunarya
 Penyunting : Yana

gentamerah.com | Mesuji – Jelang pelaksanaan Pemilu Legeslativ dan Presiden, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji Lampung, menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara, di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kamis (11/042019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, komisioner KPU Provinsi Lampung, Dra.Handi Mulyaningsih, M. Si,  Ketua KPU Mesuji Ali Yasir, ST., Camat Mesuji Iwan Rifai Harahap, SH., Kasubsektor Mesuji Ipda Yuliakriyanto, Pabung Mayor Inf. Wahyudi,  Kadis Dukcapil Rum' Ija, Kades Sungai Badak Dodi, KPPS, Panwascam Mesuji, dan seluruh warga desa sungai badak.

Komisioner Lampung, Handi Mulyaningsih menuturkan, bahwa pelaksanaan simulasi itu akan dilakukan bergilir diseluruh Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung. "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tatacara pencoblosan kepada masyarakat menjelang pelaksanaan pemilu,"katanya.

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Mesuji, Ali Yasir  mengatakan, simulasi dilakukan agar mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan para pemilih untuk mencoblos lima surat suara dan proses pemungutan suara di TPS pada tanggal 17 april kelak.

"Sementara tidak ada keluhan dari warga setempat yang datang mengikuti simulasi ini. Dimana simulasi yang melibatkan warga ini supaya mereka tau seperti ini lah kondisi atau suasana saat pencoblosan di TPS nanti,"ucapnya.

Ali Yasir berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, untuk mnemberikan pemahaman terhadap warga yang semula belum mengerti cara mencoblos lima surat suara hingga  cara memasukan kedalam kotak suara dapat dimengerti.

"Kita harap dengan diadakannya simulasi ini para warga bisa mengerti dan paham bagaimana cara mencoblos. Alhamdulillah, dari sekian banyak ibu-ibu dan para lansia yang datang mereka sudah mengerti dan paham cara-cara mencoblos dan memasukan lima surat suara kedalam kotak suara dengan lima warna surat suara yang dicocokkan dengan kotak suara masing-masing. Akan tetapi, masyarakat tidak perlu khawatir, sebab nanti akan ada petugas di tiap TPS yang bertugas mengarahkan para warga pada saat pencoblosan 17 april nanti,"tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar