Desa Sawojajar Wakili Kotabumi Utara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampura

Desa Sawojajar Wakili Kotabumi Utara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampura

gentamerah.com | Lampung Utara - Desa Sawojajar mewakili Kecamatan Kotabumi Utara mengikuti perlombaan tingkat kabupaten, Acara digelar dihalaman balai desa sawojajar. Terpilihnya desa tersebut karena sejak tahun 2018, sedang dirintis sebagai desa wisata, dengan pelaksanaan perbaikan dan pembangunan pada embung, sebagai sarana wisata keluarga.

Asisten II Pemkab Lampung Utara, Toto Sumedi mengatakan, terpilihnya Desa Sawojajar merupakan sebuah kebanggan, karena hal tersebut merupakan hasil tim penilai lomba tingkat kecamatan. “Evaluasi peekembangan desa bukanlah sebuah program yang mengada-ada atau hanya sebuah instrumen saja, tapi evaluasi dan penilaian desa perkembangan desa dan kelurahan, itu ada dasar serta aturan, sehingga harus dilaksana seluruh pelosok tanah air, yakni peraturan dalam negeri nomor 81 tahun 2015,” katanya, Rabu (10/04/2019).

Toto menjelaskan, desa yang masuk dalam penilaian dan mengikuti lomba telah ditetapkan sebagai desa berkembang atau cepat berkembang.

"Terus terang,  kami dari tim merasa tersanjung atas sambutan yang dilakukan oleh desa sawojajar, ini merupakan salah satu bentuk kerja sama, bentuk kegotong royongan yang ada didesa ini. Disambut dengan sebuah kesenian tradisional seperti kuda kepang, tari sembah, drum band dan lain nya, sehingga acara lomba desa ini bisa berjalan dan terlaksana dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala desa Sawojajar, Mulyanto mengatakan, pelaksanaan lomba mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri, nomor 13 tahun 2018, tentang pedoman penyelanggaraan desa/kelurahan.

Desa Sawojajar Wakili Kotabumi Utara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lampura

Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi warga setempat dalam melakukan persiapan, semua atas dukungan masayarakat. Pelaksanaan pembangunan dapat dibuktikan dengan tingginya semangat masyarakat terhadap acara tersebut.

"Desa sawojajar ini terbentuk dari 2002, merupakan pemekaran dari Wonomerto, dan memiliki  luas wilayah 2194 Hektare, dengan penduduk 1110 KK. Kalau segi potensinya sangat banyak,  baik pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan,” kata dia.

Harapannya, dengan adanya  lomba desa tingkat kabupaten itu dapat memberikan motivasi kepada seluruh perangkat desa dan komponen kelembagaan desa untuk membangun desa menuju kesejahteraan masyarakatnya.


Penulis : Gian Paqih
 Editor : Yana

Post a Comment

0 Comments