Diduga Terjadi Kongkalingkong Perolehan Suara, PDIP Mesuji Tolak Pleno RPS PPK

Diduga Terjadi Kongkalingkong Perolehan Suara, PDIP Mesuji Tolak Pleno RPS PPK


Penulis : Andi Sunarya
 Penyunting : Seno

Mesuji – Diduga terindikasi manipulasi penggelembungan perolehan suara dari salah satu partai,
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Mesuji Lampung,  menolak hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara (RPS) tingkat PPK Kecamatan Way Serdang.

"Ada proses manipulasi data oleh oknum KPPS, PPS, dari masing-masing Desa di Dapil IV Kecamatan Way Serdang," ujar Saksi Partai PDIP Dapil Pemilihan IV Kecamatan Way Serdang, Warsito mengatakan,  Senin (29/4/2019).

Dijelaskan Warsito, hasil pleno yang disebut pada rekapitulasi penghitungan suara itu banyak yang tidak sesuai berdasarkan C1 yang dipegang PDIP.

"Saya sudah melakukan sanggahan, namun yang disalahkan penjumlahan surat suara sah dan tidak sah, sehingga tidak bepengaruh pada perolehan suara partai lain, kami menduga panitia pemilihan ada kongkalingkong dengan partai politik lain, sehingga menguntungkan hasil perolehan suara salah satu partai politik," paparnya.

PDIP telah mengajukan surat keberatan dan meminta kepada pihak KPU Kabupaten Mesuji untuk mengkaji ulang hasil penghitungan surat suara sekaligus membuka kotak plano di seluruh TPS.

"Jika KPU Kabupaten Mesuji tidak dapat memenuhi permohonan kita, akan kita teruskan ke-tingkat KPU Provinsi, tidak menutup kemungkinan ke KPU Pusat," tandasnya.

Posting Komentar

0 Komentar