Resmikan Tol Paspro, Jokowi : Lebih Cepat Mobilitas Karena Cawang-Probolinggo Tembus 840Km


Resmikan Tol Paspro, Jokowi : Lebih Cepat Mobilitas Karena Cawang-Probolinggo Tembus 840Km

gentamerah.com | Jawa Tengah – Dengan diresmikannya ruas Tol Paspro, jarak dari Jakarta, tepatnya Cawang-Probolinggo tembus sepanjang 840 Km. Dengan adanya tol tersebut, mobilitas lebih cepat, dengan harapan kawasan industri kecil dan industri mikro yang ada di daerah-daerah bisa cepat berkembang.

Hal itu diungkapkan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), saat meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (Km), di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Desa Clarak Kecamatan Leces, Rabu (10/4/2019) pagi. Peresmian tersebut Tol Paspro ini ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE serta anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Jokowi mengungkapkan, dimulai dari ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Merak Provinsi Banten, maka Merak sampai Probolinggo sudah tembus sepanjang 962 Km.

“Kalau nanti, dari Merak sampai Banyuwangi itu sekitar 1.148 Km,  berarti kurang sekitar 186 Km. Insha Allah tembusnya pada tahun 2021. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan Daendels. Sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan oleh Menteri PU,” ujar Jokowi bercanda disambut applaus undangan.

Dengan adanya ruas tol Merak-Probolinggo tersebut,  Jokowi mengharapkan akan terjadi mobilitas barang, mobilitas orang dan mobilitas logistik yang lebih cepat serta kawasan industri kecil dan industri mikro yang ada di daerah-daerah bisa cepat berkembang karena akses ke logistik, akses ke barang dan ke produk lebih mudah, lebih murah dan lebih efisien. Sekaligus akses ke sektor pariwisata juga akan lebih memudahkan.

“Memang proses-proses itu tidak instan, kita ini senangnya instan. Ingin mendadak dan langsung berkembang. Semua itu memerlukan proses dan tahapan untuk menuju ke sana,” tegasnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I, II dan III sepanjang 31,3 KM. Karena hal ini akan mengurangi 50 sampai 60% kepadatan jalan nasional Pasuruan-Probolinggo jika tol ini segera dioperasikan.

“Kita membutuhkan tambahan 13,7 kilometer lagi untuk melanjutkan Seksi IV dari Probolinggo Timur sampai Gending. Ini akan sangat membantu kawasan Bromo Tengger Semeru yang Pak Presiden sudah berkenan dengan memasukkan di dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” ujarnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa di Probolinggo terdapat Pelabuhan Tanjung Tembaga. Hal itu akan membantu proses bongkar muat dari mulai Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan.

“Jika tol ini beroperasi dan juga tol Pandaan-Pakis, sudah siap beroperasi, maka akan membuka peluang dari bongkar muat barang dari Malang,  sehingga kemungkinan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur akan mengalami percepatan yang luar biasa. Mudah-mudahan keberadaan Tol Paspro ini memberikan manfaat bagi kita semua bangsa Indonesia, terutama warga Jawa Timur,” jelasnya.

Terpisah Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari, SE mengharapkan, dengan diresmikannya ruas Tol Paspro ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan dampak yang positif bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Mudah-mudahan Tol Pasuruan-Probolinggo ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Usai diresmikan, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sejumlah menteri, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si meninjau Tol Paspro di Gerbang Tol Probolinggo Timur.

Seperti diketahui, Tol Pasuruan-Probolinggo ini terdiri dari 4 (empat) seksi. Yakni, Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat, Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur serta Seksi IV Probolinggo Timur-Gending. Sementara yang diresmikan oleh Presiden RI Jokowi adalah Tol Paspro Seksi I, II dan III. Sumber berita: probolinggokab.go.id

Posting Komentar

0 Komentar