Antisipasi Banjir, Kades Bumi Raharja Gunakan DD Bangun Galian Tanpa Pasang

LIPSUS
Antisipasi Banjir, Kades Bumi Raharja Gunakan DD Bangun Galian Tanpa Pasang


gentamerah.com | Lampung Utara –Antisipasi dampak banjir  ketika hujan turun yang akarap menggenangi rumah warga  Desa Bumi Raharja, Kecamatan Abung surakarta Kabupaten Lampung, Kepala Desa setempat membangun galian tanpa pasang menggunakan kucuran dana desa tahun anggaran 2019.

“Untuk menghindari beberapa rumah yang sering terkena banjir ketika hujan, kita membangun galian tanpa pasang, sepanjang 160 meter, dengan kedalaman 1 meter dan lebar dua meter,” kata Kades Bumi Raharja, Rukito dirumah kediamannya kepada Genta Merah, Sabtu (11/05/2019).

Rukito menjelaskan, pembangunan tersebut menggunkan dana desa, yang saat ini telah diterima sebesar Rp185 juta atau 20 persen dari total keseluruhan. “Selian itu, kita juga menggunakan Dana desa untuk membangun pagar pemakaman sepanjang 100 meter, berada dusun 3, gorong-gorong plat 8 unit berada didusun 2 dan 3,” ujarnya.

Dana Desa yang merupakan kucuran dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdesaan dan Daerah Tertinggal telah menguncurkan dana desa (DD), dengan sistem pertermin. Pada termin pertama tersebut dikucurkan sebesar 20 persen, langsung ditransfer  ke rekening masing-masing pemerintahan desa.

Antisipasi Banjir, Kades Bumi Raharja Gunakan DD Bangun Galian Tanpa Pasang
Pembangunan Pagar Makam

“Program pembangunan di desa kami  semua sesuai dengan perencanaan.  Insha Allah kita juga akan mengutamakan kwalitas dalam pekerjaan, karena semua ini demi kemajuan desa dan kebutuhan warga desa kami,” ujarnya.

Oleh karena, Kata Rukito, semua dukungan warga sangat dibutuhkan, agar pelaksanaan pembangunan di desanya berjalan dengan baik. “Musah-mudahan semua sesuai seperti apa yang kita inginkan bersama, “ kata dia.




Penulis : Gian Paqih
Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar