Kadis PMD Mesuji : Kalau Pekerjaan Desa Tidak Sesuai Musrenbang, Warga Harus Berani Protes

Kadis PMD Mesuji : Kalau Pekerjaan Desa Tidak Sesuai Musrenbang Warga Harus Berani Protes

gentamerah.com | Mesuji – Jika banyak pembangunan yang tidak sesuai dengan perencanaan yang telah di sepakati dalam musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes),  maka masyarakat harus berani mengatakan dan mengkritik pemerintah desanya. Kasi di desa jangan hanya jadi alat bagi kepala desa, harus mampu melakukan yang terbaik bai desanya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mesuji, Sunardi SE pada pelatihan kloter IV bagi aparatur desa se-Kecamatan Tanjung Raya, dan peserta dari tiga  desa dari Kecamatan Mesuji, di Balai Desa Sidomulyo, Senin (13 /5/2019). "Jangan kalian para Kasi hanya menjadi boneka "Kepala Desa" suruh tidur, tidur. Disuruh bangun, bangun. Jika benar,  katakan benar,  jangan takut kita lakukan yang terbaik untuk Desa," kata Sunardi.

Sunardi mengatakan, proses pembangunan di Desa harus benar-benar prioritas seperti  yang diusulkan masyarakat saat Musrenbangdes.

Kepada para Kepala Desa, Sunardi berpesan,  dalam rangka pergantian perangkat Desa, jangan terburu-buru, sebab bila terlalu sering  pergantian perangkat, maka desa itu harus belajar lagi. “Kalau masih harus belajar dan beradaptasi lagi akan menghambat jalannya pembangunan di desa itu sendiri,” katanya.

Menurutnya, semua proses pembangunan dan kebutuhan desa semua adalah menjadi kewenangan Desa, DPMD tidak ada kaitannya menentukan kegiatan desa. “Tugas kami mengingatkan dan memberi arahan kepada pemerintah Desa yang tidak benar,  agar tidak menyalahi aturan yang ada," tutupnya.



Penulis : Andi Sunarya
Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar