Beri Hunian Sehat, Kades Banjarratu Kucurkan DD Bangun RLH Bagi Keluarga Miskin

Beri Hunian Sehat, Kades Banjarratu Kucurkan DD Bangun RLH Bagi Keluarga Miskin

gentamerah.com | Lampung Utara - Pemerintah desa Banjarratu kecamatan muara Sungkai bukan hanya memikirkan bagaimana desanya cukup dengan infrastruktur semata , namun juga memberikan  modal usaha untuk membantu masyarakat dibidang perekonomian, hingga mengalokasikan  dana desa  membangun Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakatnya bagi warga yang kurang mampu.

Kepala Desa Banjarratu, Sumiyati mengatakan,  anggaran Dana Desa (DD) yang turun di desanya juga digunakan untuk membangun rumah layak huni (RLH) bagi warga yang kurang mampu, sebanyak empat  unit, dan masih tahap pengerjaan.

" Program rumah sehat ini kita berikan kepada warga yang kurang mampu, sebab warga saya masih banyak yang memiliki rumah yang kategori tidak layak huni, maka kita berikan berupa bantuan rumah layak huni kepada mereka,” katanya, Rabu (12/06/2019) saat disambangi media ini dikediamannya.

Menurutnya, RLH yang sehat akan mencerminkan masyarakat yang sehat, bila masyarakat sehat desa pun akan semakin kuat untuk membangun. “Kita akan terus alokasikan tiap tahun untuk program RLH ini, supaya DD bisa dirasakan buat semua masyarakat,” kata dia.

Sumiyati  menjelaskan, dana desa (DD) dan Alokasi dana desa (ADD) 2019 diterima sebesar Rp1.458.608.379, dengan rincian DD sebesar Rp. 838.834.043, ADD Rp. 311.583.375, ADD kurang salur 2018 sebesar Rp 302.190.961, serta bantuan keuangan dari provinsi Rp 6.000.000.

“Untuk pekerjaan fisik,  dibidang infrastruktur tahap pencairan yang kedua maupun yang ketiga, sudah siap  untuk membangun, pekerjaan pembangunan sumur bor dua titik, pekerjaan pembangunan MCK, pekerjaan drainase type 50/50 sepanjang 484 meter, pekerjaan pembangunan lampu penerang jalan ditiang listrik sebanyak 20 unit, dan pekerjaan pembangunan huruf desa," ujarnya Sumiyati didampingi ketua TPK, Suyono.

Harapannya,  pembangunan pembangunan yang telah direalisasikan nantinya bisa berguna bagi seluruh elemen masyarakat.

 "Saya selaku kepala desa serta pelayan masyarakat,  mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura)  dengan adanya dana desa ini. Serta semua dukungan warga sangat dibutuhkan, agar pelaksanaan pembangunan di desanya berjalan dengan baik. “Mudah-mudahan semua sesuai seperti apa yang kita inginkan bersama, “ Harap sumiyati.



Penulis : Gian Paqih
Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar

Jam'an Kepsek SDN 1 Jukubatu

Arifah Mulyani Kepsek SDN 1 Banjit

M Rizal Kepsek SDN 3 Argomulyo

SDN 1 ARGOMULYO

Sri Lestari Kepsek SDN 1 Donomulyo

Rupiamah Kepsek SDN 1 Rantau Jaya