Perisapkan Diri Berangkat Ketanah Suci, Ratusan Calhaj Pesawaran Ikuti Manasik Haji

Perisapkan Diri Berangkat Ketanah Suci, Ratusan Calhaj Pesawaran Ikuti Manasik Haji

gentamerah.com | Pesawaran – Ratusan jemaah haji asal Kabupaten Pesawaran Lampung, yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah, mengikuti manasik Haji di islamic center Kabupaten setempat.  Para Caslon haji tersebut akan berangkat pada kloter 30 di bulan Juli Tahun 2019.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pesawaran, Farid Wajedi menerangkan, jamaah Perempuan sebanyak 53 orang, jamaah laki-laki 58 orang dan ditambahkan dua orang dari TPHD. “Jadi dari semua itu yang berangkat sebanyak 114 orang, " kata Farid, Rabu (19/06/2019).

Asisten I Pemkab Pesawaran, Syukur mengatakan, keberangkatan ke tanah suci itu merupakan dambaan bagi umat Muslim. " Disamping itu, ibadah haji  meruabah ibadah yang memerlukan kemampuan, baik dana, fisik dan mental spiritual yang memadai. Sebagai tamu Allah, kita perlu memahami hakikat berhaji sebagai tamu Allah.  Seseorang yang akan bertamu hendaknya mempersiapkan diri dan memahami apa yang menjadi aturan sang tuan rumah,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan ibadah haji adalah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, seperti menjaga kesehatan jasmani dan rohani dengan baik, karena banyak memerlukan gerakan fisik dan kesiapan mental termasuk mengesampingkan sifat-sifat buruk yang dimiliki.

Tujuan diselenggarakannya manasik haji, kata Syukur,  untuk memberikan bekal awal dan pengetahuan tentang penyelenggaraan ibadah haji, sekaligus memberikan informasi dan gambaran tentang situasi dan kondisi dan kemungkinan yang akan terjadi baik selama di perjalanan maupun selama di tanah suci.

"Harapan kita menjadi haji yang mabrur. Untuk itu, bimbingan haji yang dilaksanakan ini hendaknya benar-benar diperhatikan, dipahami dan dipatuhi sehingga pada saat pelaksanaannya nanti dapat terlaksana dengan lancar, benar dan sah menurut ketentuan syarat haji, " ujar dia.




Penulis : Ali Mubaroq
Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar