Baru dibangun Tugu Desa Ambruk, Kades Sabuk Empat : Ini Gunakan Dana Pribdi, Dana Desa Belum Keluar

Belum Usai Tugu Desa Ambruk, Kades Sabuk Empat : Ini Gunakan Dana Pribdi, Dana Desa Belum Keluar

gentamerah.com // Lampung Utara – Kendati diakui kepala Desa Sabuk Empat Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara, pembangunan tugu sudah sesuai dengan RAP, ternyata kwalitas pembangunan tugu yang menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2019 tersebut, ambruk.

Menurut  Nandang, Kepala Desa Sabuk Empat , ambruknya tugu tersebut  terjadi pada pagi hari sekitar pukul 11:00 Wib, Sabtu (05/10/2019), saat warga setempat  bergotong royong membuka penyangga alas cor tugu itu. “Waktu 15 atau 20 bambu alat penyanggah coran dicabut,  terus langsung bunyi seperti mau rubuh. Akhir nya kami langsung minggir dari gapura tersebut," kata Nandang.

Menurutnya, pembangunan tugu itu sudah sesuai dengan RAB. “Pengeringan coran gapura itu kan sudah satu bulan lebih, seharusnya menurut keterangan konsultan sudah bisa dibuka  tiga minggu saja. Namun ini kami buka sudah Satu bulan lebih, tapi masih ambruk juga," ujarnya.

Ukuran besi, kata Nandang, menggunakan  ukuran 12, untuk kolom atau cicin menggunakan besi 8. “Kita bisa lihat sendiri dari yang sudah ambruk tersebut. Inikan belum memakai dana desa, masih menggunakan dana talangan pribadi. Kebetulankan dana gapura ini dibuat termin ketiga nanti,” kata Nandang.

Alasan mempercepat pembangunan tugu kendati belum keluar dananya, kata Nandang, jika dibangun menggunakan anggaran APBDes Perubahan, waktunya tidak akan mencukupi.  

Saat disinggung, apakah memakai dana talangan itu tidak akan menimbulkan masalah, Nandang dengan tegas bahwa sebelum dana desa keluar dibenarkan menggunakan dana talangan.



Penulis : Gian Paqih
Editor : Yana

Posting Komentar

0 Komentar