Breaking News

Peringati HKN, Kemenkes Gelar Tour De' Sabang-Jakarta Bersepeda

Peringati HKN, Kemenkes Gelar Tour De' Sabang-Jakarta Bersepeda

gentamerah.com | Mesuji - Dalam rangka menyongsong peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-53 yang jatuh pada tanggal 12 November mendatang, Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI) mengadakan Tour De' Sabang-Jakarta dengan menempuh jarak sepanjang 3000 km menggunakan sepeda.
Kegiatan itu diikuti sebanyak 90  peserta, yang terbagi menjadi 3 group, group A dengan rute Sabang (Aceh)-Tebing Tinggi (Sumut), group B dengan rute Tebing Tinggi-Jambi dan group C dengan rute Jambi-Jakarta.
Adapun para peserta tour ini berasal dari berbagai unsur seperti Polri, TNI AD, TNi AU, dan TNI AL khususnya yang ditugaskan dibagian medis, PNS serta masyarakat sipil yang ingin ikut andil dalam mempromosikan gerakan hidup sehat kepada masyarakat Indonesia salah satunya dengan rajin berolahraga seperti bersepeda.
Rombongan yang sudah sejak tanggal 14 oktober lalu memulai perjalanannya menggunakan sepeda dari Sabang, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) hingga tiba di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung pada tanggal 31 oktober, pukul 20.30 wib disambut oleh Bupati Khamami dan Wakil Bupati Hi.Saply.TH serta dipersilahkan untuk menginap di guest house Taman KEHATI, di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji Ardi Umum menyampaikan jika rencananya rombongan pada keesokan harinya yakni tanggal 1 november, pukul 06.00 wib akan mengunjungi RSUD Mesuji dan beberapa fasilitas kesehatan yang ada di bumi ragab begawe caram.
"Selanjutnya pukul 07.00 wib rombongan akan kembali melanjutkan perjalanannya menuju garis finish di jakarta dan akan dilepas oleh pak Bupati Khamami di rumah dinas jabatan Wakil Bupati di Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang,"kata Ardi
Sementara Ketua rombongan peserta tour sepeda, drg, Dwi Afrosiansi yang merupakan salah satu tenaga ahli medis dari tim kesehatan TNI AL mengaku jika pihaknya melakukan kegiatan tour ini tujuannya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana pola hidup sehat serta mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).
Dipaparkannya, bahwa sejak diberangkatkan dari titik nol Sabang provinsi NAD pada tanggal 14 oktober lalu, dan telah menempuh jarak sekitar 2200 kilometer lebih sampai di Kabupaten Mesuji, rombongannya selalu singgah dan mengunjungi berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Daerah, Provinsi atau Kota yang dilalui seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah.
"Rencananya, kami akan finish pada tanggal 12 november nanti tepat pada puncak pelaksanaan HKN di Jakarta. Hasil perjalanan kami dari Sabang-Jakarta ini khususnya saat mengunjungi RSUD atau Faskes lainnya yang ada didaerah akan dibukukan dan pada saat puncak pelaksanaan HKN nanti akan diserahkan kepada ibu Menteri Kesehatan,"paparnya.
Penulis : Nara  Editor : Seno
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami