Breaking News

Samsul Hadi Berjanji Bantu Warga Usir Gajah Liar Resahkan Warga

Samsul Hadi Berjanji Bantu Warga Usir Gajah Liar Resahkan Warga

gentamerah.com | Tanggamus -Wakil Bupati Tanggamus, Lampung,  H. Samsul Hadi, M.Pdi berjanji akan meminta bantuan Taman Nasional Way Kambas untuk mengusir kawanan gajah liar yang merusak lahan warga di sejumlah pekon di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung.
Hal itu disampaikan Wabup Samsul Hadi saat berdialog dengan warga yang selama ini di cekam ketakutan akibat masuknya kawanan gajah liar ke lahan perkebunan warga dan merusak tanaman warga serta mengancam keselamatan warga yang berada di Pekon Srikaton, Pardawaras, Karang Agung, Sidomulyo, Sudimoro Bangun, Sri Kuncoro, dan Sri Purnomo.
"Saya  akan berkoordinasi dengan pihak terkait guna menyelesaikan permasalahan ini secepatnya, salah satunya adalah dengan menggandeng TN Way Kambas," ujar Samsul Hadi di hadapan warga yang berkumpul di Balai Pekon Srikaton, Kecamatan Semaka, Selasa (31/10/2017).
Menurut Samsul Hadi, upaya yang dianggap paling berhasil untuk mengusir hewan berbelalai itu adalah dengan menggunakan gajah yang terlatih  untuk menggiring kembali ke habitatnya di hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).
"Kita akan minta bantuan TN Way Kambas untuk membantu menggiring gajah liar ini ke hutan, dengan menggunakan gajah terlatih untuk mengusirnya," kata dia yang hari itu didampingi sejumlah pejabat Pemkab Tanggamus dan pejabat Balai Besar TNBBS.
Wabup Samsul Hadi juga berpesan agar warga jangan emosional dan mampu menahan diri, agar tidak terjadi hal yang lebih buruk, yang mengakibatkan gajah mati di bunuh. "Gajah dan manusia harus hidup berdampingan, karena satwa liar seperti gajah ini dilindungi undang-undang, sehingga kita juga harus melindunginya," katanya.
Pada kesempatan tersebut Wabup juga menyerahkan bantuan bahan pangan kepada warga setempat, yang mengalami kerugian akibat gangguan gajah liar sejak beberapa pekan ini.
Penulis : Sayuti  Editor : Seno
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami