Breaking News

Pemkab Mesuji Segera Sulap Area Gambut Jadi Jalan Rigid Beton

Pemkab Mesuji Segera Sulap Area Gambut Jadi Jalan Rigid Beton

gentamerah.com | Mesuji – Pemerintah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, untuk tahun 2018 menganggarkan seratus miliar lebih untuk menyulap dua belas titik ruas jalan kabupaten yang tersebar di tujuh kecamatan, di Mesuji menjadi Rigid Pavement Beton (RPB).
Proyek dengan leading sektor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji tersebut akan menyulap banyak lahan gambut menjadi infrastruktur yang kokoh.
Plt Kepala Dinas PUPR Mesuji, Najmul Fikri, mengungkapkan supaya hasilnya maksimal dan dapat  dirasakan masyarakat, dalam perencanaannya sengaja menggandeng UNILA dan UBL, untuk melakukan peninjauan serta penilitian terlebih dahulu terkait rencana tersebut.
Menurutnya, tidak mudah membangun didaerah yang sebagian besar wilayahnya memiliki tekstur tanah gambut. Maka dibutuhkan penelitian awal.
"Kita sudah berdiskusi dengan profersor Niken dari fakultas tehnik UNILA dan Ketua laboraturium Sasana, guna melakukan penelitian serta menguji diruas-ruas jalan yang direncanakan itu. Caranya, dengan uji coba satu segmen kita lakukan penelitian untuk menemukan formulasi dan komposisi bahan yang tepat agar rigid beton ini hasilnya bagus dan awet,"ujarnya.
Kiki menjelaskan mengingat kemampuan keuangan Kabupaten Mesuji yang terbatas, serta pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, banyak pekerjaan peningkatan jalan yang dikerjakan oleh pihak ketiga, dengan anggaran cukup besar, tapi hasilnya kurang baik dan tidak maksimal, maka kedepan pengerjaan dilakukan swakelola.
"Mekanisme pengerjaan peningkatan ruas jalan RPB ini akan dikerjakan secara swakelola, agar kualitas pekerjaannya lebih baik dan sesuai harapan. Hanya pengadaan materialnya saja yang dilakukan pihak ketigakan,” ujarnya.
Ditambahkannya, program tersebut diusulkan sebagai inovasi daerah yang mungkin belum pernah dilakukan oleh Kabupaten lain di Provinsi Lampung. Didorong  sarana-prasarana dibidang infrastruktur yang cukup,  seperti ketersediaan alat berat yang jumlahnya banyak dan jenisnya cukup lengkap, diyakini bakal mampu meringankan beban keuangan daerah jika diberdayakan.
"Kedepan, program ini akan kita usulkan agar bisa menjadi inovasi daerah," kata dia.
Diketahui hingga saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mesuji bersama tim dari fakultas tehnik dan laboraturium penelitian Universitas Lampung telah melakukan survei dibeberapa ruas jalan di Mesuji. Diantaranya yakni ruas jalan di Desa Trikarya Mulya - Sidomulyo, ruas Budi Aji - Mukti Karya, ruas Adiluhur - Mekar Jaya, ruas Mekar Jaya-Bujung Buring, ruas Bujung Buring - Harapan Mukti, dan terakhir ruas jalan Desa Harapan Mukti - Trikarya Mulya
Penulis : Nara Editor : Seno
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami