Breaking News

Pemkab Mesuji Upayakan CSR Perusahaan Tepat Sasaran

Pemkab Mesuji Upayakan CSR Perusahaan Tepat Sasaran

gentamerah.com | Mesuji – Dalam rangka membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemerintah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang),  di Aula sekretariat daerah Mesuji, Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Senin(6/11/2017).
Kegiatan yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali itu, dihadiri oleh kepala satuan kerja perangkat daerah, para camat, Kepala Desa se-Kabupaten Mesuji, perwakilan perempuan dan PKK serta tokoh masyarakat. Dengan  mendatangkan nara sumber dari badan penelitian dan pengembangan daerah (banlitbangda) provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan.MT, dan perwakilan dari Bappeda provinsi Lampung Indra Permana, S.Hut.M.Si.
Kepala Bappeda Mesuji, Sukarman.SH., mengatakan bahwa kegiatan musrenbang RPJMD digelar bertujuan untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Khususnya, dibidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.
Menurutnya, adanya Musrenbang tersebut juga untuk menggenjot peran aktif desa-desa dalam hal sinkronisasi data-data pembangunan didesa baik yang akan, sedang maupun sudah dilaksanakan, supaya nantinya tidak salah dalam pengambilan kebijakan.
"Mengingat prioritas utama pembangunan kita dibidang infrastruktur, maka ini sangat penting dilakukan. Harapannya, dengan kegiatan ini mereka bisa lebih pro-aktif dalam melihat pembangunan dan selalu menyampaikan laporan tepat waktu,” katanya.
Mulyadi Irsan, mengungkapkan dengan adanya skala prioritas tersebut maka dalam pengambilan kebijakan ditingkat kabupaten dapat tepat sasaran. “Selain itu, yang tak kalah penting pembangunan infrastruktur jalan di Mesuji akan dapat terbiayai minimal sampai diangka 50 persen, jadi kedepan untuk infrastruktur jalan kita sudah masuk tahap peningkatan yakni dengan rigid pavement beton (RPB)," kata Sukarman.
Kepala bidang program dan pendanaan pembangunan Bappeda Mesuji, Enggar Cahyadi. S. ST.PI., menambahkan, pada tahun 2017 Bapeda sudah mulai menerapkan program Desk 6, yakni melakukan musyawarah atau duduk satu meja dengan pihak perusahaan yang ada di Mesuji, guna membahas perencanaan terkait tanggung jawab sosial perusahaan atau program Corporate Social Responsibility(CSR).
"Kita juga sudah mulai melakukan Desk 6, yakni duduk bersama satu meja dengan pihak perusahaan-perusahan yang ada di Mesuji membahas terkait penyaluran CSR nya. Ini juga sangat penting agar penyaluran CSR itu benar-benar tepat sasaran. Sebab, menurut pantauan kita selama ini laporan dari 17 perusahaan yang ada di Mesuji, terkait program CSR,  tidak sesuai dengan fakta dan kondisi dilapangan, bahkan terkadang tidak tepat sasaran,"imbuhnya.
Penulis : Nara
 Editor : Seno
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami