Breaking News

Lestarikan Kesenian Lampung, Bupati Lampura Serahkan Kulintang

Lestarikan Kesenian Lampung, Bupati Lampura Serahkan Kulintang

gentamerah.comLampung Utara- Guna  melestarikan kesenian budaya Lampung, Bupati Lampung Utara, bantuan Alat Musik Tradisional Kulintang, di Aula Kantor Camat Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, Selasa (30/01/2018).
Bupati Lampura, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,M.H., menyerahkan  alat tersebut untuk kesenian di Kecamatan Kotabumi Selatan, Kecamatan Muara Sungkai dan Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara.
Agung mengatakan, bahwa  pembangunan bukan hanya tentang perbaikan jalan atau program gratis lainnya, tetapi yang baik adalah pembangunan  dalam pola pikir masyarakat. “Dengan kemajuan teknologi, banyak anak-anak muda mulai meninggalkan tradisiadat kebudayaan. Sehingga hanya sedikit orang yang masih mencintai adat kebudayaan,” ujarnya.
Menurutnya, seni budaya merupakan ciri khas dan identitas suatu daerah yang harus dibudayakan, maka wajib dilestarikandan. “KAlau tidak dijaga dan dilestarikan, maka seni budaya daerah ini akan di ambil oleh daerah lain  bahkan negara lain. Alat kulintang ini tidak akan dirasakan manfaatnya apabila tidak dirawat dengan baik,” kata dia.
Bupati mengunkapkan, setiap Suku mempunyai budaya masing-masing yang harus dijaga dan dilestarikan, dengan adanya  bantuan Alat Seni Kulintang ini, saya berharap  kesenian tradisional budaya Lampung,  khususnya Lampung Utara dapat semakin lestari,” ujarnya.
Orang nomor satu di Lampura itu mengajak seluruh masyarakatnya, dapat terus melestarikan alat tradisional budaya Lampung, agar tidak punah.“Dengan seni hidup menjadi indah, jagalah keindahan musik Lampung sebagai ciri khasLampung yang harus dijaga dan dilestarikan,” kata  Agung. 
Via: Rils
 Editor : Seno
0 Dilihat
Hubungi Kami