Breaking News

Kota Metro Rangking Tujuh PISPK Se-Lampung


Kota Metro Rangking Tujuh PISPK Se-Lampung
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Metro, Maryati 

ADVERTORIALMetro – Dalam rangka percepatan pencapaian total coverage kunjungan keluarga Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK), Dinas Kesehatan Kota Metro Provinsi Lampung, menggelar  pertemuan Penguatan Manajemen Puskesmas di Aula Dinas Kesehatan kota setempat, dari tanggal  14 – 15 Februari 2018.
"Alhamdulillah, Dinas Kesehatan Kota Metro mendapatkan kesempatan dan waktu dari DR. dr. Trihono, M.Sc menjadi narasumber pada pertemuan tersebut. DR. Trihono merupakan konsultan Health Policy Unit Sekjen Kementerian Kesehatan yang terlibat dalam penyelenggaraan PISPK," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Metro, Maryati diruang kerjanya, Senin (19/02/2018).
Maryati menjelaskan, dengan hasil akhir dari PISPK tersebut akan diketahui data Indeks Keluarga Sehat (IKS); keluarga sehat, keluarga pra sehat dan keluarga tidak sehat.
Menurutnya, Indikator yang ingin dicapai oleh Kementerian Kesehatan saat ini ada 12 indikator, Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, seperti untuk Penderita TB Paru berobat sesuai standar, Penderita hipertensi berobat teratur, Gangguan jiwa berat tidak ditelantarkan. Perilaku dan Kesehatan Lingkungan juga harus diperhatikan, diantaranya, tidak ada anggota keluarga yang merokok, Keluarga mempunyai akses terhadap air bersih, Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat, Sekeluarga menjadi anggota JKN.
“Nah Dari IKS tersebut arah pembangunan kesehatan akan lebih terukur, tepat sasaran, tepat program dan tepat pengalokasian dana. Sehingga nantinya akan tercapai kategori keluarga sehat untuk seluruh keluarga di Kota Metro," terangnya.
Lebih lanjut Maryati menjelaskan, capaian kunjungan keluarga PISPK per 12 Februari 2018 yang tercatat pada aplikasi Keluarga Sehat Kementerian Kesehatan untuk angka nasional saat ini sudah 6.511.660 Keluarga (9,95%) dengan angka IKS 0,157, untuk Provinsi Lampung 266.112 Keluarga (13,52%) dengan angka IKS 0,117, dan untuk Kota Metro keluarga yang sudah dikunjungi sejumlah 4.166 Keluarga (11,15%) dengan angka IKS 0,162.
Dalam pengevaluasian pelaksanaan PISPK secara Nasional, Kota Metro per Desember 2017 untuk cakupan kunjungan keluarga PISPK berada pada posisi 134 dari 514 Kab./Kota dan ranking 7 tingkat Provinsi Lampung. Sedangkan  IKS  berada pada ranking 157 dari 514 Kab./Kota dan ranking dua tingkat Provinsi Lampung.
Harapannya, dengan adanya pertemuan Penguatan Manajemen Puskesmas dengan Pendekatan Keluarga,  Puskesmas berkomitmen untuk menyelesaikan kunjungan keluarga diakhir 2018 sehingga pada 2019 sudah bisa dimulai program-program kesehatan inovatif yang bertujuan meningkatkan Indeks Kesehatan Keluarga Kota Metro.ADV


0 Dilihat
Hubungi Kami