Breaking News

Panwas Pesawaran Ajak Pelajar Jadi Agen Pengawas Pemilu

Panwas Pesawaran Ajak Pelajar Jadi Agen Pengawas Pemilu

gentamerah.com |Pesawaran - Sebanyak dua ratus siswa siswi SMK Pelita Gedong Tataan  Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung  mengikuti Sosialisasi pengawasan pemilu, yang dilakukan  Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ).
Kordiv Pencegahan Hubungan Antar Lembaga ( Panwaslu ) Pesawaran, Riswanto mengatakan,  sosialisasi tersebut bertujuan untuk membentuk  partisipasi masyarakat maupun kalangan pelajar untuk membantu mengawasi tahapan kampanye.
"Langkah ini diambil karena  keterbatasan anggota panwaslu,  Panwascam dan Desa. Sehingga kita membutuhkan partisipasi masyarakat untuk membantu melakukan pengawasan, salah satunya yang kita lakukan sosiallisasi ke sekolah,” ujarnya, Kamis ( 01/03/2018).
Menurutnya,  pelajar masih banyak yang belum mempunyai hak suara, tapi mempunyai hak untuk membantu pengawasan.
"Dalam benak saya,  pelajar ini salah satu agen pengawasan, yang memang tidak mudah diprovokasi, tidak mudah disuap, memiliki  mental untuk menolak pemberian. Pelajar merupakan generasi muda yang akan datang, untuk menolak isu -isu politik, baik politik uang maupun politik sara," ujarnya.
Riswan mengatakan, sosiallisasi serupa sudah dilakukan kesemua sekolah. Panwaslu Pesawaran terus monitor Panwascam melakukan sosiallisasi tersebut.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Pelita Gedong Tataan, Anur' Rofiq mengatakan, sosiallisasi dari panwaslu ke sekolah setempat merupakan kali pertama.
"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, sebab ini adalah salah satu pendidikan Politik untuk siswa siswi," kata dia.
Caption : Kordiv Pencegahan hubungan antar Lembaga Panwaslu Pesawaran Riswanto Saat memberikan Penjelasan Pelanggaran Politik Ke Siswa Siswi SMK Pelita Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran

Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno
0 Dilihat
Hubungi Kami