Masih Banyak Dikeluhkan Warga, Komsi 1 DPRD Metro Usulkan Penambahan Damkar


Masih Banyak Dikeluhkan Warga, Komsi 1 DPRD Metro Usulkan Penambahan Damkar

ADVERTORIAL--Metro – Masih banyaknya keluhan warga terkait penanganan kebakaran di Kota Metro Provinsi Lampung, Komisi I DPRD  setempat meminta adanya penambahan mobil baru pemadam kebakaran (damkar), agar lebih maksimal saat terjadi musibah.

“Seperti kejadian kebakaran di Pasar Cendrawasih beberapa waktu lalu. Kita menilai fungsi damkar tidak dapat berjalan maksimal saat bertugas di lapangan, minimal bisa menurunkan jumlah kios yang terbakar,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Metro,  Basuki, dirunag kerjanya, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, dari beberapa kasus kebakaran yang terjadi, kerap didengar keluhan dari masyarakat terkait tidak maksimalnya kinerja mobil damkar dalam memadamkan api.

“Betul, banyak aspek atau kendala dilokasi. Misal medan yang harus ditempuh. Tapi kan ada kendala teknis juga, seperti tidak ada hydrant disana. Jadi pas air habis itu harus balik dulu, isi penuh, baru ke lokasi lagi,” ungkapnya,

Karenanya, kata Basuki, perlu dipertimbangkan untuk menambah armada damkar yang disesuaikan dengan kondisi dan wilayah Metro. Karena musibah atau peristiwa kebakaran terbilang cukup tinggi ketimbang bencana lain di Bumi Sai Wawai.

“Enggak bakal rugi beli damkar. Kan bisa dipergunakan untuk angkut air ke daerah yang kekeringan jika tidak ada peristiwa kebakaran. Itu harapan kita, tapi tetap bisa diberdayakan itu intinya. Jadi enggak sia-sia,” katanya lagi.

Selain itu, Komisi I juga mendorong perlengkapan safety equipment baju pemadam kebakaran. Serta mewajibkan pusat keramaian untuk memiliki hydrant. Agar tindakan bisa lebih cepat saat terjadi kebakaran.

“Idealnya kita tambah dua lagi lah. Saat ini ada tiga. Tapi yang dua sudah lama. Ini artinya, kurang maksimal. Kalau ada dua yang baru, dua yang lama itu bisa sebagai suplai airnya,” usulnya.

Tepisah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Metro, Imron mengaku, pihaknya telah mengusulkan penambahan mobil pemadam kebakaran (damkar).

“Kita cuma punya tiga unit. Ada yang tahun 2001, 2005, dan 2007 yang terakhir. Ketiga unit mobil damkar ini saat memadamkan api dengan tingkat kebakaran yang besar, memang memiliki kelemahan,” ungkapnya.

Kelemahan terjadi pada suplai air. Ketika air habis, maka harus pulang untuk mengisi kembali. Sehingga memakan waktu. Idealnya, terus Imron, Metro memang harus memiliki mobil untuk suplai air. Sehingga penanganan bisa lebih maksimal.ADV


Dilihat 0 kali