Nanda Dendi : PAUD Menjadikan Anak Didik Berkembang

Nanda Dendi : PAUD Menjadikan Anak Didik Berkembang
Caption : Bunda Paud Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, Saat menyampaikan Sambutannya di TK Paud Tunas Bangsa, Desa Kebagusan, Kecamatan Gedong Tataan.

gentamerah.com |Pesawaran- Peran Pendidikan usia dini (PAUD) sangat diperlukan, karena dalam usia yang masih begitu muda banyak potensi terpendam pada anak, sehingga perlu dibangunkan, agar perkembangan selanjutnya dapat berjalan secara harmonis.

Hal itu diungkapkan Bunda Paud Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi, SE, pada acara silahturahmi alumni TK Tunas Bangsa, lulusan tahun 2003, sekaligus  dalam rangka memperingati hari jadi ke 15 TK setempat, Sabtu (21/04/2018).

Menurutnya, tujuan pendidikan taman kanak-kanak adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

"PAUD membantu meletakan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan Iingkungannya, untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya,” katanya.

Nanda menjelaskan, para guru TK dituntut mampu untuk mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin, sebagai individu yang khas. "Guru juga diharapkan memberikan kesempatan peserta didiknya untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmaniah dan rohaniahnya, membimbing peserta didik untuk mencapai kematangan mental fisik dan dibutuhkanya untuk melanjutkan pelajaran ke Sekolah Dasar,” kata dia.

Menurut dia, tugas guru TK sangat besar dan berat, namun itu sudah menjadi tugas mulia dalam mempersiapkan anak bangsa yang tangguh di masa mendatang.

"Saya berharap bisa memetik hikmah dari pertemuan ini. Reuni kali ini hendaknya jangan dipergunakan sebagai pelampiasan pelepasan rindu semata. Namun Iebih dari itu, coba renungkan, sumbangan apa yang bisa diberikan pada bangsa dan masyarakat ini. Tentu salah satunya adalah pemikiran untuk ikut serta memberikan sumbangan apa yang patut kita berikan kepada sekolah kita tercinta ini," tutup Istri Politisi Partai Demokrat.


Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Yana
Dilihat 0 kali