Precast, Inovasi Ala Khamami Perkuat Talud di Pedesaan

Precast, Inovasi Ala Khamami Perkuat Talud di Pedesaan

gentamerah.com|Mesuji – Guna meningkatkan kwalitas bangunan talud yang ada dipedesaan, Pemkab Mesuji Provinsi Lampung lakukan trobosan pergunakan 'Precast' (lempengan cor beton) dengan ketebalan 10 Cm sebagai penahan talud.
Inovasi yang digagas Buati Mesuji, Khamami tersebut akan diberdayakan diseluruh desa-desa yang ada di kabupaten setempat.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji,Sunardi, SE., mengatakan,  dengan menggunakan sitem tersebut selain menambah faktor kekuatan yang tidak diragukan, biaya pembuatannya relatif murah dan dapat dikerjakan oleh masyarakat desa tanpa membeli dari luar daerah.
Menurutnya, pengerjaan percontohan Precast tersebut saat ini masih dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Mesuji. Namun,  diharapkan kedepan, desa - desa di kabupaten setempat dapat menggunakan Precast dalam pembangunan talud dan drainase di wilayahnya.
"Selain dapat memperindah tekstur bangunan, bahan pembuatan Precast ini mudah didapat, dan pengerjaannya pun bisa memberdayakan warga setempat atau lebih membuka peluang usaha dalam mengurangi pengangguran, sesuai dengan nawa cita Presiden RI Joko Widodo dalam melaksanakan program Padat Karya Tunai (cash for work) dalam mengurangi pengangguran bisa terlaksana," jelasnya, Minggu, 8 April 2018.
Sunardi menjelaskan, inovasi lain yang digagas Bupati Khamami,  disektor peternakan, uji coba terus diterapkan, demi kemakmuran masyarakat, melalui pengembangbiakan ayam arab, dari proses penetasan telur hingga pemeliharaan ayam yang dilakukan sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
"Hendaknya menjadi sebuah inspirasi bagi kita untuk bersama  mencurahkan pemikiran dan terobosan - terobosan demi kemajuan Mesuji tercinta," imbuhnya.
Caption : Plt.Kadis PMD Kabupaten Mesuji "Sunardi, SE"  saat melihat proses pembuatan "Precast" beton yang akan digunakan sebagai penahan talud, berlokasi di Taman Kehati, Kabupaten Mesuji, Sabtu, 7 April 2018.(Nara)

Penulis : Nara
 Editor : Seno
Dilihat 0 kali