Breaking News

DPT Turun Drastis, KPU Pesawaran Bantah Ada Main Mata Dengan Petahana

Kimisioner KPU Pesawaran, Devisi Program dan data, Yatin Putro Sugino

gentamerah.com| Pesawaran- Puluhan ribu pemilih di Kabupaten Pesawaran diduga permainan sulap Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) setempat. Dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan calon Gubernur Lampung 2018 kali ini, mata pilih di kabupaten setempat turun drastis, hal tersebut mengundang pertanyaan berbagai elemen. Karena berbeda jauh dengan DPT sat pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pesawaran beberapa waktu lalu.

Namun tuduhan tersebut dibantah Kimisioner KPU Pesawaran, Devisi Program dan data, Yatin Putro Sugino. Menurutnya,  penurunan DPT tersebut tidak ada kaitannya dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya. Dan tidak ada kong kalingkong dengan Incumbent bupati.

"Wah tidak ada itu, pada pemilihan bupati yang lalu kita tidak bekerjasama dengan Icumben, itukan calon juga," bantah Yatin.

Terkait adanya perbedaan yang sangat mencolok tersebut Yatin mengatakan, pada pemilihan Bupati Pesawaran, pemilih selain dapat  menggunakan E-KTP, juga  bisa menggunakan KTP siak.

"DPT sudah tidak bisa dirubah lagi. Namun, bagi masyarakat yang belum terdata bisa menyampaikan hak suaranya dengan membawa E KTP atau Suket," katanya, Rabu ( 09/05/2018) kepada gentamerah.com.

Diakuinya, pada DPT tahun ini turun berkisar sepuluh ribu lebih dari pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun lalu. "Daftar Mata Pilih Tetap, 02 Oktober Tahun 2015 Sebanyak 331. 657 sedangkan saat ini untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 daftar mata pilih tetap, 321. 036. Dari data itu, jumlahnya turunsebanyak 10.621. Sedangkan  jumlah penduduk kita saat ini sebanyak 546,169," pungkasnya.

Penulis : Ali Mubaroq
 Editor : Seno
0 Dilihat
Hubungi Kami