Breaking News

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran
Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya Memotong Tumpeng HUT ke-19 Kabupaten Way Kanan



ADVERTORIAL- Way Kanan- Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, mnggelar puluhan kegiatan, yang dikemas dalam berbagai Gebyar. Pada puncak HUT tersebut, panitia mendatangkan pedangdut ibu kota, Zaskia Gotik.

Mengawali berbagai kegiatan HUT, Pemkab Way Kanan menggelar   Istighosah dan Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad LC, MA, di Komplek Rusunawa Blambangan Umpu, Jum’at (06/04/2018).

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran
Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya Memakaikan topi adat Way Kanan Kepada Ust. Somad, pada acara Tabliq akbar.

Dalam acara tersebut Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menegaskan, selama menjabat bersama wakilnya, telah banyak melakukan perubahan. “Tepatnya tanggal 17 Februari yang lalu, saya dan Bapak DR. Drs. Edward Antony, MM telah dua tahun menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan. Sebagai langkah awal memimpin Kabupaten ini, kami melakukan pembenahan pada penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan simultan dengan sektor-sektor lainnya. Upaya  meningkatkan kapasitas kebijakan terus kami lakukan dengan pencapaian predikat WTP 6 kali berturut-turut, sedangkan untuk peningkatan kapasitas SDM telah dilakukan pelaksanaan tes narkoba, fingerprint dan assessment,” ujarnya.

Menurutnya, disektor pelayanan publik juga semakin baik, hal ini antara lain terlihat adanya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan untuk cakupan penerbitan kartu keluarga mencapai 98,92%, cakupan penerbitan KTP mencapai 97,3%, dan  pelayanan perizinan yang semakin mudah.

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran
Bunda PAUD Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati, beri hadiah kepada peserta
Untuk menumbuhkembangkan anak-anak usia dini dalam hal seni daerah, pada rangkaian HUT tersebut digelar gebyar PAUD dan pagelaran seni daerah, di Komplek Rusunawa, Senin (23/04/2018).

“Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan sehingga dapat terselenggaranya Paggelaran Seni Daerah Lampung dan Gebyar PAUD dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten Way Kanan ini,” kata Bunda PAUD Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati.

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran

Menurutnya, pelaksanaan Gebyar PAUD tersebut merupakan komitmen bersama terhadap kemajuan pendidikan PAUD di Kabupaten Way Kanan. Pencanangan gerakan nasional PAUD berkualitas, khususnya di Kabupaten Way Kanan harus terus berbenah diri untuk menjawab apa dan bagaimana PAUD yang berkualitas.

Sebanyak 11 perlombaan digelar dalam Gebyar PAUD tersebut, Hafalan Surat-suratPendek, MelengkapiGambar, Memasang Puzzle LantaiHurufdanBilangan,Bermain Drama/Karakter, MengdongengBonekaTangan, Senam Ceria.,FariasiBalokSusun., Fashion Show, Lomba APE Dalam, Tari Siger Penguntendan Storytelling dengan jumlah 378 serta dari lembaga pendidikan anak usia dini dan TK.

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran


Pada hari yang sama juga digelar edukasi peduli anak usia dini tentang bencana
halaman BPBD Way Kanan. “Hari ini, kita akan mendampingi anak-anak kita dalam Edukasi Peduli Anak usia Dini Tentang Bencana, hal ini penting untuk menambah pengetahuan anak-anak kita tentang penomena alam yang mungkin sewaktu-waktu akan mereka jumpai dan yang tak kalah pentingnya dengan dikenalkannya tentang penomena alam  dan berbagai alat penanggulangan bencana kepada anak-anak kita, akan Meningkatkan kewaspadaan anak dalam menghadapi kejadian  suatu fenomena alam yang berbahaya,” kata Desy.

Tepat pada Jumat (27/04/2018), digelar Upacara   Bendera memperingati Hari Jadi ke-19 Kabupaten Way Kanan. Dalam upacara tersebut dihadiri semua pejabat terkait.

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran
Bupati Raden Adipati Surya Beri penghargaan

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya  yang menjadi inspektur upacara mengatakan, dalam peringatan hari jadi Kabupaten Way Kanan ke-19 mengajak semua elemen untuk menghayati dan membuka memori lembaran sejarah, dimana terpampang beragam keberhasilan sekaligus terbentang sejumlah tantangan dan persoalan yang harus menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen masyarakat di daerah ini.

“Kondisi tersebut merupakan kerja keras dan perjuangan para pendahulu dan pendiri Kabupaten ini, selain pemimpin-pemimpin terdahulu yang juga telah memberikan kontribusi bagi akselerasi pembangunan di Kabupaten Way Kanan yang kita cita-citakan ini,” katanya.

Pagelaran Festival Radin Djambat juga digelar pada 27 April 2018, di Komplek Rusunawa, dan dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan , Hukum dan Politik, Theresia Sormin, S.H mewakili Pjs Gubernur Lampung, Perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota seprovinsi lampung, Forkompimda, Ketua TP PKK, Para pejabat dilingkungan Pemkab Way Kanan

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan, saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak Gubernur Lampung, yang telah berkenan hadir di Bumi Ramik Ragom. Pada hari ini kita akan melaksanakan pembukaan Festival Radin Jambat ke-XIII, yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Way Kanan ke-19, sebagai bentuk rasa syukur atas terbentuknya Kabupaten Way Kanan menjadi daerah otonom sejak tanggal 27 April 1999, berdasarkan Undang-Undang No 12 Tahun 1999 Tanggal 20 April 1999,” kata Adipati.

Menurutnya, Festival Radin Jambat juga telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, dan moment tersebut digunakan untuk mengevaluasi dan mengkaji ulang sejauh mana hasil-hasil kerja yang telah dicapai serta mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang ada, untuk kemudian berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga lebih mampu berbuat dan berkarya secara lebih optimal dalam membangun Kabupaten.

Hiruk Pikuk HUT-19 Way Kanan, Mengetengahkan Berbagai Pagelaran


Pada hari yang sama (27 April 2018), di lakukan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Way Kanan. ADV

0 Dilihat
Hubungi Kami