Breaking News

Kemana Bantuan Pemda Lamteng, Saat Nenek Renta Digubuk Hidup Berselimut Lumpuh

Kemana Bantuan Pemda Lamteng, Saat Nenek Renta Digubuk Hidup Berselimut Lumpuh

gentamerah.com|Lampung Tengah – Matanya yang sayu dan terpejam,  sesekali terlihat membuka dengan amat berat, guratan diujung pelipis mata tampak menahan kelopak yang acap kali basah oleh air mata. Mulutnya sulit untuk berucap, hanya terlihat terkatup, dan isyarat pedih yang menyelimut wajah penuh guratan-guratan tua.

Sumi, begitu warga Dusun lll Kampung Kenangasari Kecamatan Seputih surabaya Lampung Tengah (Lamteng), mengenalnya. Nenek renta berusia enam puluh lima tahun itu telah dua bulan hanya dapat berbaring di balai papan beralaskan selembar tikar usang. Stroke, penyakit yang menggerogotinya megakibatkan semua aktifitasnya lumpuh. Dipembaringan itulah Sumi, semua dilakukan.

Di rumah berdinding triplek dan beratap asbes, berukuran tiga kali lima meter tersebut, Sumi harus menjalani hidup seorang diri, tanpa sanak keluarga. “Rumah itu dibangun atas swadaya warga disini, mas. Kasihan nenek itu, karena hidup sendiri,”  ujar Zailani, salah satu tetangga nenek Sumi.

Tidak ada makanan bergizi yang dapat dikonsumsi, sesekali tetangga memberinya bantuan makan ala kadarnya. Tubunya yang terlihat kurus hanya terbungkus kulit keriput. Kain batik panjang yang membalut, sebagai penahan dingin dan cuaca yang tidak menentu. Kesendirianya, ternyata luput dari perhatian pemerintah, tak sekalipun bantuan mengalir padanya.

"Keadaan nenek sumi sangat memprihatinkan, tidak memiliki sanak saudara. Sejak menderita strok tidak bisa bicara, ataupun bergerak karena lumpuh, sehingga dalam kehidupan sehari-hari hanya mengandalkan dari tetangga,"papar zaelani. 

Perhatian warga sekitar tidak hanya sebatas makan dan minumnya, namun  juga termasuk merawatnya seperti memandikan dan menggantikan pakaiannya. 

Zaelani berharap kepada pemerintah daerah, untuk dapat memberikan bantuan pegobatan secara gratis dan perawatan kesehatannya, dan memberikan solusi agar kedepannya sang nenek bisa hidup layak seperti warga lainnya. 

"Kami berharap, selain pemerintah daerah dapat memberikan bantuan, kepada para darmawan juga dapat megulurkan tagannya, untuk membantu biaya pegobatan nenek Sumi ini," harapnya.

Penulis : Gunawan
 Editor : Seno
0 Dilihat
Hubungi Kami