Header Ads Widget

Dua Tahun Sudah, Minat Siswa Masuk SMPN 5 Terbanggibesar Menurun

Dua Tahun Sudah, Minat Siswa Masuk SMPN 5 Terbanggibesar Menurun

gentamerah.com|  Lampung Tengah –  Sejak dua tahun, minat siswa masuk Negeri 5 Terbanggibesar, Lampung Tengah, terus menurun. Jumlah Peserta Didik Baru (PDB) tahun ajaran (TA) 2017/2018 yang mendaftar dan lulus tes, sebanyak 230 siswa dan tahun ajaran 2018/2019, jumlah pendaftar yang lulus tes sebanyak 221 anak. 

Kepala SMPN 5, Supriyono, S.Pd., mengakui tidak tahu penyebab menurunnya minat sisa masuk sekolah setempat. "Sudah dua tahun ini, siswa lulusan SD yang mendaftar disini jumlahnya menurun, nggak tau kenapa, kok bisa terjadi begitu," ujarnya, Kamis (19/7/2018).

Supriyono menjelaskan, saat ini jumlah keseluruhan siswa SMPN 5, dari kelas Vll, Vlll dan lX sebanyak 660 lebih. Karena jumlah siswa baru, terus berkurang dari target yang ditentukan, maka sejak tahun lalu, siswa kelas Vll hanya tujuh lokal, yang sebelumnya delapan lokal.

Harapannya, dengan diberlakukannya Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Kepmendikbud) RI. Nomor 15 tahun 2018, tentang pembatasan penerimaan peserta didik baru, yang disesuaikan dengan wilayah (zona), pada PPDB mendatang jumlah siswa di SMPN 5 akan bertambah.

"Ya harapan kita mudah-mudahan, ditahun depan jumlah siswa kita akan kembali meningkat, sesuai dengan telah diberlakukannya Keputusan dari Mendikbud," harapnya.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
Dilihat 0 kali