Breaking News

'Onto Seno Gugat' Lakoni Gelar Wayang di Pajaresuk

'Onto Seno Gugat' Melakoni Gelar Wayang di Pajaresuk

gentamerah.com Pringsewu – Peringati Satu Suro atau Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, Kelurahan Pajaresuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung menggelar pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk di halaman kantor kelurahan setempat, Jumat (21/9/2018).

Wayang kulit tersebut juga digelar  dalam rangka bersih desa, mendatangkan  Ki Dalang Hadi Suyatno dari Pekon Wargomulyo Kecamatan Pardasuka dengan lakon 'Ontoseno Gugat'. Acara dihadiri Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi bersama sejumlah pejabat Pemkab Pringsewu, Camat Pringsewu dan Lurah Pajaresuk, serta masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Wabup Pringsewu, Fauzi menyerahkan santunan untuk 42 anak yatim dan 72 kaum dhuafa, serta penyerahan wayang secara simbolis kepada ki dalang, sekaligus prosesi potong tumpeng.

Fauzi mengatakan, dengan digelarnya acara tersebut bisa menjadi sarana untuk lebih menjalin keakraban, meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara sesama masyarakat, yang merupakan salah satu modal dasar untuk membangun Kabupaten Pringsewu.

Menurutnya,  ‎tradisi  bersih desa, memiliki dimensi yang lebih luas, karena berkaitan erat dengan dimensi sosial, dalam suatu desa atau kelurahan, serta s‎ebagai ritual yang merupakan warisan dari nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Penulis : L.Roysamuel.V.S
 Editor : Yana

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami