Breaking News

Pastikan Kesiapan Dalam Tenak Kambing, Disbunnak Lamteng Lapas Gunungsugih

Pastikan Kesiapan Dalam Tenak Kambing, Disbunnak Lamteng Lapas Gunungsugih

gentamerah.com| Lampung Tengah – Memastikan kesiapan pemeliharaan ternak Kambing, sebagai bentuk kerjasama Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsugih, Tim penyuluh Bidang Peternakan meninjau kandang kambing milik Lapas, Jum'at (21/9/2018).

Kunjungan dalam rangka mewujudkan program pengembangan peternakan, yang digagas oleh pembinaan Lapas Gunungsugih tersebut, dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Peternakan pada Disbunnak, Ir. Supardi.  

Seperti dikatakan Kasubsi Lapas Gunungsugih, Harjono, sebelumnya Kepala Lapas, Syarpani, telah mengunjungi Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Tengah, meminta untuk pelatihan budidaya ternak kambing bagi napi, sekaligus mendiskusikan bagaimana langkah kedepan, untuk pengembangan ternak kambing di dalam Lapas.

“Kami sudah mempersiapkan tenaga kerjanya, sekitar 50 orang dari para Narapidana (Napi), yang siap mengikuti pelatihan dari tim penyuluh peternakan Disbunnak Lampung Tengah” katanya.

Kepala tim penyuluh lapangan Bidang Peternakan pada Disbunnak, Radik menyampaikan, bahwa kunjungan tim dari Subbid Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakkeswan), sengaja melakukan kunjungan terlebih dulu, tujuannya untuk mendapatkan informasi dan data di lapangan, sebelum dilaksanakan pengembangan peternakan di dalam Lapas, yang akan dijalankan.

“Secepatnya akan diadakan penyuluhan, untuk pemberian teknik dan cara beternak kambing dengan benar, yang meliputi berbagai cara merawat ternak, mulai dari memberi pakan hingga  merawat ternak sakit. Juga akan membawa dokter hewan dari dinas untuk memeriksa hewan ternak, sekaligus pemberian vaksinasi dan vitamin ternak” jelas Radik.

Untuk diketahui, peternakan dalam Lapas sebagai salah satu program pembinaan, yang diharapkan dapat menjadi bekal para Napi setelah bebas nanti, agar mampu membuka lapangan kerja baru untuk diri pribadi, khususnya di bidang budidaya ternak kambing, kelak setelah bebas dari menjalani pidana, para mantan Napi akan terfokus dengan kesibukannya, hingga dapat terhindar hal-hal buruk, yang pernah dilakukan.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami