Breaking News

Pesisir Barat Bandar Surabaya Sangat Berpotensi Pengembangan Ikan

Pesisir Barat Bandar Surabaya Sangat Berpotensi Pengembangan Ikan

gentamerah.com|Lampung Tengah – Potensi pengembangan dan peluang keberhasilan bidang perikanan, diwilayah Pesisir Bandar Surabaya Kabupaten  Lampung Tengah (Lamteng), sangat menjanjikan. Sehingga perlu kembangkan dan dikelola dengan baik.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Lamteng,  Loekman Djoyosoemarto, saat menyerahkan bantuan delapan unit kapal nelayan, kepada sejumlah koperasi nelayan yang ada di Pesisir Pantai Kampung Cabang, Kecamatan Bandar Surabaya, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya, meskipun Kabupaten Lamteng, jika  dilihat dari letak geografisnya tidak memilki laut, namun dengan adanya wilayah pesisir, cukup untuk menunjang usaha pengembangan perikanan. Dengan memanfaatkan potensi alam yang tersedia, dibantu juga dengan peralatan semi modern.

Saat ini, jumlah nelayan tangkap yang ada di Pesisir Cabang dan sekitarnya, tidak kurang dari 1.400 orang, dengan hasil tangkapan laut pada tahun 2017 lalu, sebanyak 3472 ton, terdiri beberapa jenis komoditas unggulan, seperti udang ranjungan sebanyak 194 ton, kakap 102 ton, teri 648 ton dan udang kecil 224 ton.

Kepada para petani nelayan, Wabup mengingatkan agar kapal bantuan pemerintah tersebut dirawat dengan baik, dan disampaikan juga bahwa kapal-kapal yang diberikan tersebut, tidak dimiliki secara pribadi, karena diserahkan kepada nelayan yang tergabung dalam koperasi.

"Kapal-kapal ini jangan menjadi milik pribadi, karena ini bantuan untuk koperasi, yang harus dikelola oleh anggota koperasi," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan (Kadisnaker) Lamteng, Kuswadi mengatakan, bantuan kapal nelayan dari pemerintah pusat, sengaja diberikan kelompok nelayan, melalui "Koperasi Mina  Samudra Sejahtera" sebanyak delapan unit. Masing-masing kapal ini, memiliki bobot seberat lima Groston.

"Semua kapal yang diserahkan kepada nelayan, akan dikelola bersama oleh nelayan yang tergabung dalam koperasi. Diharapkan, dengan adanya bantuan sarana pendukung tangkap ikan, kesejahteraan  masyarakat nelayan disini menjadi lebih baik," ujarnya.
Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami