Breaking News

Gelar HUT Koperasi ke-71, Wakil Walikota Metro Mengingatkan Koperasi Didirikan Harus Berkwalitas

Gelar HUT Koperasi ke-71, Wakil Walikota Metro  Mengingatkan Koperasi Didirikan Harus Berkwalitas

gentamerah.com | Metro - Dalam rangka HUT Koperasi ke-71, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota setempat mengadakan peringatan Hari Koperasi Tingkat Kota Metro, di Samber Park, Kota Metro, Kamis (18/10/2018).

Wakil Wali Kota Metro,  Djohan mengatakan, sesuai arahan Presiden untuk melakukan tiga langkah strategi, yang pertama reorentasi Koperasi yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya bukan lagi pada kuantitas koperasi.

“Dan kedua rehabilitasi koperasi, yang dilakukan mulai dengan pembuatan database Koperasi di seluruh Indonesia, sebagai besar untuk membenarkan koperasi. Dari keseluruhan jumlah koperasi sebanyak 212.570 unit, pada tahun 2014,  saat ini telah berkurang menjadi 152.714 koperasi. Sebanyak 80.008 telah melaksanakan RAT,  telah dibubarkan sebanyak 40.103 koperasi,” jelas Djohan.

Djohan menambahkan, sesuai dengan apa yang diminta oleh Kepala Koperasi dan UKM RI, kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota dan seluruh gerakan Koperasi untuk mendorong koperasi melakukan RAK sehingga semua koperasi menjadi sehat. “Ketiga pengembangan koperasi, sehingga sudah ada koperasi yang omsetnya puluhan triliun, koperasi yang sudah masuk Bursa Efek, bahkan sekarang sudah ada koperasi yang telah membeli saham Bank BRI Syariah,” ungkap Djohan.

Sementara itu, Ratna Melia Sari, Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koprasi dan UMKM Provinsi Lampung,  mengatakan, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM dan BPS yang telah diolah, dari tahun ke tahun tepatnya tahun 2014 kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional sejumlah 1,71%.  Selanjutnya pada tahun 2016 sudah meningkat sebanyak 3,99 % dan pada 2017 kontribusi koperasi terhadap APBD nasional sudah meningkat lagi sebesar 4,48%.

Ratna berharap,  akan ada energi positif antara upaya yang dilakukan oleh Gerakan Koperasi dan Pemerintah. "Sehingga koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,”ujarnya.

Penulis : CW
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami