Breaking News

Napi Lapas Gunungsugih Turun Kejalan Galang Dana Gempa-Tsunami Sulteng

Napi Lapas Gunungsugih Turun Kejalan Galang Dana Gempa-Tsunami Sulteng

gentamerah.com | Lampung Tengah - Sebagai bentuk rasa empati terhadap sesama, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunungsugih, Lampung Tengah (Lamteng), melakukan penggalangan dana, guna membantu masyarakat korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (3/10/2018).

Dikatakan Kepala Lapas (Kalapas) Gunungsugih, Syarpani, gempa berkekuatan Magnitudo 7,4 Skala Richter, yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Jumat (28/09/2018) lalu, yang disusul dengan tsunami dengan ketinggian mencapai 3 Meter, membawa duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Akibatnya berbagai fasilitas infrastruktur bangunan, seperti rumah tinggal warga, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, dan bangunan lainnya terdampak rusak parah, ambruk sebagian atau seluruhnya, hingga tersapu gelombang tsunami.

Duka atas tragedi gempa di Donggala dan gelombang tsunami di Palu, Sulteng, turut dirasakan oleh para anggota Narapidana (Napi) Lapas Gunungsugih, Lamteng. Wujud simpati dan duka tersebut, dengan melakukan penggalangan donasi kemanusian, yang telah dilakukan oleh sejumlah elemen, tidak terkecuali dengan para Napi dan pegawai Lapas.

Dari hasil pengumpulan dana dalam Lapas, yang diberikan oleh para Napi, Kalapas bersama para pegawainya dan beberapa orang Napi, turun ke jalan untuk mencari donasi tambahan, dari para pengendara yang melintas di ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Gunungsugih.

"Untuk menambah hasil donasi yang terkumpul dari para Napi, kita ajak beberapa orang Napi turun ke jalan. Semoga bantuan yang tidak seberapa ini, dapat meringankan beban saudara-saudara kita, yang saat sedang tertimpa musibah bencana alam," ujar Syarpani.

Ditambahkannya, para Napi yang diajak turun ke jalan, adalah Napi yang sedang menjalani masa asimilasi kerja diluar Lapas. Dari hasil penggalangan dana tersebut, berhasil terkumpul sebesar Rp2 juta. Donasi tersebut akan disalurkan melalui Kantor Kemenkum-HAM Wilayah Lampung, bersamaan dengan seluruh Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) se-Provinsi Lampung.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami