Breaking News

PBB Waykanan Naik, Kakam Lembasung Miliki Trik Jitu Tagih PBB Warganya

PBB Waykanan Naik, Kakam Lembasung Miliki Trik Jitu Tagih PBB Warganya

gentamerah.com | Waykanan- Ditengah banyaknya keluhan kepala kampung di Kabupaten Waykanan terkait naiknya target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2018 yang mencapai 700 persen. Tidak membuat Kepala Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu dan aparatnya  patah semangat melakukan penagihan.

Kepala Kampung Lembasung, Hasbi Said yang ditemui tim gentamerah.com, usai acara Musyawarah rencana pembangunan Kampung (Musrenkam) Lembasung 2019, di Balai Rakyat Kampung setempat, Rabu (10/10/2018),  mengaku memiliki cara jitu untuk menarik pajak warganya, salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan pendekatan Personal.

Menurutnya, permasalahan yang sering dijumpai dalam penarikan pajak, keengganan masyarakat membayar PBB karena dirasa tahun 2018 lebih mahal dari tahun lalu.

"untuk Wajib pajak seperti itu dilakukan pendekatan persuasif , beri penjelasan. Sehingga mereka paham kenapa ada penyesuaian nilai PBB nya," ujarnya.

Selain itu, kata Hasbi, peran intensif aparat kampung dalam melakukan sosialisasi dalam  pentingnya melunasi PBB, memberi andil besar. "Saya juga memberikan tanggung jawab yang besar kepada masing masing Kepala Dusun,untuk menadarkan warganya di masing masing dusun mau bayar PBB," kata Hasbi.

Diketahui untuk kampung Lembasung target PBB tahun 2018 sebesar hampir Rp 24 Juta dibanding tahun lalu yang hanya 4 juta saja.

Penulis : A.Kuntar
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami