Breaking News

Dinilai Berhasil, Bupati Lamteng Jadikan Kotagajah Sentra Bawang

Dinilai Berhasil, Bupati Lamteng Jadikan Kotagajah Sentra Bawang


gentamerahcom | Lampung Tengah - Keberhasilan petani bawang merah di Kotagajah, Lampung Tengah (Lamteng) mampu mebingkatkan taraf ekonomi warga, dan potensi sebagai pemasok bawang merah terbesar dikabuapten tersebut. Kondisi itu mendorong Pemkab Lamteng menjadikan wilayah tsetempat sebagai sentra bawang merah.

Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto, yang berencana menjadikan wilayah Kotagajah, sebagai sentra pengembangan tanaman bawang merah, diungkapnya pada Saat melakukan panen bibit bawang merah, milik petani binaan Kelompok tani (Poktan) Semeru, yang ada di Kampung Nambahrejo, Kecamatan Kotagajah, Selasa (6/11/2018).

Selain wilayah Kotagajah, untuk budi daya tanaman bawang merah ini, juga akan diletakkan di wilayah Kecamatan Seputihraman. Alasannya, selain masyarakat petaninya telah terlatih, kontur tanahnya juga dinilai sangat cocok, untuk tanaman holtikultura jenis umbi-umbian bawang merah.

"Kecamatan Kotagajah dan Seputihraman, akan kita jadikan sebagai sentra pengembangan bawang merah. Dan untuk wilayah lainnya, secara bertahap juga akan kita jadikan sebagai daerah unggulan, dengan potensinya masing-masing," ujarnya.

Bupati Loekman juga menyampaikan ucapan terima kasih, kepada pihak perbankan yang telah membina petani bawang merah disini, hingga mampu memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia, dan saat ini masyarakat petani bawang, telah mulai merasakan hasilnya.

Selain itu, bupati juga berjanji, Pemkab Lamteng akan memberikan bantuan modal, kepada seluruh kelompok tani di beberapa wilayah, sesuai dengan potensi unggulan masing-masing. Seperti di Kecamatan Punggur dengan komoditi Nanas, Seputihagung tanaman kencurnya, Kalirejo dengan tanaman cabenya.

"Nantinya pemerintah daerah akan melakukan pendamping kepada kelompok tani, agar dalam pengembangan komoditi, disesuaikan dengan musimnya, agar harga tetap dapat terjaga dan menguntungkan petani," harap bupati.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami