Breaking News

Gempa Guncang Mamasa dan Jayapura, Tidak Berpotensi Tsunami


Gempa Guncang Mamasa dan Jayapura, Tidak Berpotensi Tsunami

gentamerah.com | Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 3,3 skala richter (SR) terjadi di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Belum ada dugaan soal potensi tsunami akibat gempa tersebut. Begitu juga Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 mengguncang Jayapura, Papua.

Berdasarkan data dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada Jumat (23/11/2018) pukul 04.05 WIB. Pusat gempa berada di 5 km timur laut Mamasa.

"Pusat gempa berada di darat 5 km timur laut Mamasa," tulis BMKG.
Titik gempa berada di darat pada kedalaman 10 km. Lokasi gempa berada pada 2,90 Lintang Selatan dan 119,45 Bujur Timur. Gempa tersebut dirasakan dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III di Mamasa.

Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga kini belum ada informasi terkait data kerusakan akibat gempa tersebut.

Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 mengguncang Jayapura, Papua. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada Rabu (21/11/2018) pukul 18.51 WIB.

Pusat gempa berada di laut, 63 km barat laut Jayapura. Titik gempa berada pada kedalaman 10 km.

"Lokasi gempa berada pada 2,32 Lintang Selatan dan 140 Bujur Timur," tulis BMKG dalam situsnya, Rabu (21/11/2018).

Sampai saat ini, belum ada informasi terkait data kerusakan atau ada-tidaknya korban jiwa akibat gempa tersebut. (Sumber: Detik)

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami