Breaking News

Lantik Kakam Karyamaju, Adipati : Masih Banyak Kepala Kampung Tidak Buka Kantor

Lantik Kakam Karyamaju, Adipati : Masih Banyak Kepala Kampung Tidak Buka Kantor

gentamerah.com | Waykanan- Masih banyak kampung yang belum mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan efektif, belum begitu tampak perkembangan yang cukup berarti. Bahkan ada kepala kampung yang jarang membuka kantor kampung pada jam-jam kerja.

Ungkapan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya tersebut disampaikan saat melantik  Tomas Alpa Edison, S.Pd  sebagai Kepala Kampung Karyamaju Kecamatan Rebangtangkas, di balai kampung setempaung, Rabu (09/01/2019). “Harus kita akui, Sumber Daya Manusia pada aparatur pemerintahan kampung saat ini, masih menjadi kendala untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada masyarakat kampung,” katanya.

Menurutnya, sebagai seoarang kepala kampung harus  dapat berinovasi untuk  memacu serta memotivasi dan membimbing masyarakat untuk membangun kampung secara bersama-sama. “Sebagaimana telah diamantkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, diubah sebanyak dua kali,  terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, bahwa kampung memiliki kewenangan otonomi untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat berdasarkan adat istiadat setempat, desa sebagai kawasan yang mempunyai kegiatan utama perkebunan/pertanian termasuk juga mempunyai fungsi sebagai tempat pelayanan jasa pemerintah, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi dan lain-lain,” ujarnya.

Adipati meminta Tomas Alpa Edison terus memacu pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat secara optimal, sehingga bisa berdiri sejajar dengan kampung yang lain yang sudah maju.

Penulis : A.Kuntar
 Editor : Yana
0 Dilihat
Hubungi Kami