Breaking News

Raden Adipati Surya : Kakam Jangan Hanya Diam Menunggu, Kalau Malas Akan Tertinggal

Raden Adipati Surya : Kakam Jangan Hanya Diam Menunggu, Kalau Malas Akan Tertinggal

gentamerah.com | Waykanan- Pemerintah Daerah berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi kampung, dalam upaya mengatur dan mengurus rumah tangga kampung. Otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangganya berdasarkan prakarsa dan kemampuan daerah.

Hal itu diungkapkan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya,  saat melantik Suwardi sebagai Kepala Kampung Bumirejo Kecamatan Baradatu, Waykanan Lampung, di aula kampung setempat, Selasa (08/01/2019).

Adipati berharap, Suwandi  dapat mengemban amanah sesuai yang diharapkan masyarakatnya. “Kampung memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul Kampung, disamping kewenangan lainnya, berdasarkan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Menurutnya, kewenangan tersebut, menetapkan Peraturan Kampung; menyelenggarakan Pemerintahan Kampung; memiliki pimpinan Pemerintah Kampung; memiliki kekayaaan Kampung; menggali dan menetapkan sumber-sumber Pendapatan Kampung; memberdayakan masyarakat Kampung untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan; dan
mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga Kampung.

Orang nomor satu di Waykanan itu menegaskan, dalam melaksanakan tugas, Kepala kampung harus bisa bekerja sama dengan BPK, tidak mengedepankan ego pribadi atau kelompok. “Pembangunan kampung harus dilakukan secara bersama-sama, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penggunaannya harus melibatkan BPK, sehingga dibawah kepemimpinan saudara kehidupan masyarakat akan lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, kata Adipati, kepala kampung agar membantu pemimpinnya memajukan daerah. “Sudah saatnya kepala kampung tidak lagi hanya duduk diam menunggu, kalau kita malas berarti kita akan tertinggal dan tertindas oleh kemajuan zaman. Oleh karenanya, saya mengajak kepala kampung dan kita semua, mari membangun kampung secara optimal, karena majunya kampung berarti maju pula daerah ini,” kata Adipati.


Penulis : A.Kuntar
 Editor : Yana
0 Dilihat
Hubungi Kami