Breaking News

Tingkatkan SDM Yang Mandiri, Pemkab Mesuji Canangkan P2DKPM

Tingkatkan SDM Yang Mandiri, Pemkab Mesuji Canangkan PPDKPM

gentamerah.com | Mesuji – Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang mandiri dan mampu menciptakan peluang usaha,  Pemerintah Kabupaten Mesuji Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat canangkan program peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat (PPDKPM).

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Pemerintah Kabupaten Mesuji, Adi Sukamto menjelaskan, program peningkatkan Diversifikasi Pangan tersebut,  adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengoordinasikan upaya memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi dalam negeri sekaligus pengurangan jumlah penduduk rawan pangan.

Selain itu, ditujukan untuk mendorong pengembangan sistem distribusi dan stabilitas harga pangan dalam rangka meningkatkan keterjangkauan pangan masyarakat, dan antisipasi kebutuhan pangan agar meningkatnya kemampuan kelembagaan distribusi dan cadangan pangan serta stabilitas harga pangan, khususnya di Mesuji.

"Nantinya, akan ada beberapa OPD, selain Dinas Ketahanan Pangan, seperti Dinas Pertanian, Dinas Nakertrans, Dinas PMD, dan Dinas Sosial yang juga kita libatkan dalam mendukung terselenggaranya program ini,"Kata mantan Pj Sekda Mesuji itu. 

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji, Ir. Huminsa Lubis menerangkan, bahwa pengembangan penganekaragaman konsumsi pangan dan keamanan pangan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas konsumsi pangan dan memasyarakatkan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lokal.

"Sasarannya, adalah untuk meningkatkan pemantapan penganekaragaman konsumsi pangan dan keamanan pangan di Mesuji ini,"ujarnya.

Harapannya, dengan diselenggarakannya program tersebut, maka akan dilakukan 4 (empat) kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Badan Ketahanan Pangan. Keempat kegiatan tersebut, Pengembangan Ketersediaan dan  Penanganan Rawan Pangan; Pengembangan Sistem Distribusi dan Stabilitas Harga Pangan;  Pengembangan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Keamanan Pangan; dan Dukungan Manajemen dan Teknis Lainnya pada Badan Ketahanan Pangan.





Penulis : Andi Sunarya
Editor : Yana

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami