Breaking News

Tingkatkan Kualitas Pendidik, SMKN 1 Metro Gelar Workshop Lasjurin

Tingkatkan Kualitas Pendidik, SMKN 1 Metro Gelar Workshop Lasjurin

gentamerah.com | Metro - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Metro gelar workshop penyelarasan kejuruan dan kerjasama Industri (LASJURIN), di Aula Sekolah setempat, Kamis (25/07/2019).

Kegiatan yang dibuka Kepala UPTD Wilayah 2 Dikmen Provinsi Lampung, Drs. Joko Santoso tersebut,  berlangsung selama tiga hari dari tanggal 24-26 Juli 2019.

Kepala SMK Negeri 1 Metro, Dwi Widyaningsih menyampaikan, bahwa untuk menyelaraskan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja, saat ini SMK telah bekerja sama dengan pihak waralaba.

"SMK saat ini sudah bekerjasama dengan Alfamart terkait penyelarasan kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja. Diantaranya, mendirikan Teaching Factory Tata Boga yang memproduksi Bakso Jamur, dan membekali siswa dengan pendidikan kewirausahaan. Bahkan banyak juga siswa sekolah belajar sambil berjualan yang dipasarkan secara online," ungkap Dwi Widyaningsih.

Senada dengan hal itu, Pengawas Pembina SMKNegeri1 Metro, Drs. Suwilan mengingatkan, tugas guru sebagai pendidik."Kegiatan ini bertujuan juga untuk mengingatkan tugas-tugas sebagai guru, diantarnya, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis dan tindak lanjut hasil pembelajaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Dikmen, Drs. Joko Santoso, menyampaikan akan pentingnya menerapkan link and match dalam proses pendidikan di SMK, sehingga lulusan SMK kompetensinya sesuai dengan ketrampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

"Pentingnya membekali siswa dengan soft skill yang memadai serta difasilitasi dengan layanan bimbingan karier agar dapat masuk ke dunia kerja dengan optimal. Untuk mencapai semua itu perlu didukung oleh SDM Guru yang handal dan profesional. Ukuran profesional tidak hanya jenjang pendidikan yang tinggi dan tersertifikasi saja tetapi memiliki kinerja yang baik," pungkasnya.



Penulis : Decky
Editor : Nay

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami