Breaking News

Pedagang Pasar Pagi Kotabumi Jadi Sasaran Empuk Pungli, Tanpa Karcis Retribusi

Pedagang Pasar Pagi Kotabumi Jadi Sasaran Empuk Pungli Mengatasnamakan Retribusi

gentamerah.com | Lampung Utara – Pedagang emperan dipasar pagi Kotabumi Lampung Utara, diduga jadi sasaran empuk pungutan liar sejumlah oknum tanpa memberikan bukti karcis restribusi. Sejumlah pedagang mengaku keberatan dan mengeluhkan dugaan pungli tersebut, apalagi hanya sebagai pedagang kecil dengan modal pas-pasan.

“Saya sangat mengeluhkan sekali dengan pungutan retrisbusi ini, setiap pungutan yang diambil mereka, tidak memakai karcis," ungkap Pedagang kue accu saat berbincang-bincang dengan gentamerah.com, Senin (26/08/2019).

Menurutnya, besaran pungutan tersebut berkisar  Rp2000 sekali pungutan, dan sehari dilakukan hingga tiga kali. “Jadi sehari itu kita harus keluarkan uang Cuma-Cuma Rp6 Ribu. Pernah saya tanyakan kepada yang memungut retribusi, mana karcisnya. Terus yang memungut retribusi itu bilangnya untuk apa kamu tahu," ujarnya, mengulangi perkataan pepungli.

Hasil dagangan yang tidak sebarapa, kata pedagang tersebut, harus mengeluarkan uang yang tidak jelas kegunaanya setiap hari. "Saya disini sudah berjualan kue sudah 54 tahun, karna saya dulu berjualan dengan nenek moyang saya juga disini," kata dia.

Hal tersebut diamini pedagang lain di pasar tersebut.  “Harapan kami, pungutan yang seperti ini dihentika,  karna itu menurut kami terlalu besar,  apalagi tidak memakai karcis retribusi lagi," ujar dia.

Sampai berita ini diterbitkan pengelola pasar kotabumi maupun dinas perdagangan belum dapat dikonfirmasi terkait permasalahan pungutan retribusi tersebut.


Penulis : Gian Paqih
Editor : Yana

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami