Breaking News

Canangkan Gerakan CIH, Ketua TP-PKK Waykanan: Setiap Ibu Hamil Berhak Dapatkan Pelayanan Kesehatan Berkwalitas

Canangkan Gerakan CIH, Ketua TP-PKK Waykanan: Setiap Ibu Hamil Berhak Dapatkan Pelayanan Kesehatan Berkwalitas

gentamerah.com | Waykanan- Gerakan Waykanan cinta ibu hamil (CIH), sebagai upaya dalam memberikan pelayanan pemeriksaan kehamilan, sesuai standar untuk mencegah kematian ibu dan bayi. Sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat dan berkualitas.

Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Waykanan, Dessy Afriyanti Adipati pada acara Pencanangan Gerakan Waykanan Cinta Ibu Hamil di UPT Puskesmas Pisang Baru, Rabu (04/09/ 2019). “Pelayanan kesehatan masa hamil bertujuan untuk memenuhi hak setiap ibu hamil dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas.  Pelayanan ini dilakukan sejak terjadinya masa pembuahan hingga sebelum mulainya proses persalinan, dan wajib dilakukan melalui pelayanan pemeriksaan kehamilan terpadu,” katanya.

Menurutnya, cek kesehatan ibu hamil secara rutin, minimal empat kali selama masa kehamilan. “Ikuti kelas ibu hamil, nutrisi yang cukup untuk mencegah Bayi BBLR dan Stunting. Tingkatkan kewaspadaan dan segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan, jika ditemukan tanda-tanda bahaya kehamilan,” kata dia.

Desy menjelaskan bahwa penanganan masalah kematian ibu dan bayi, tidak bisa hanya ditangani oleh sektor kesehatan, tetapi diperlukan kemitraan yang efektif antara berbagai pihak, baik itu lintas sektor, lintas program, dan mitra lainnya. Begitu juga dengan gerakan way kanan “cinta” ibu hamil, agar bisa dipahami dan diikuti oleh semua pihak. 

“Saya mengajak kita semua untuk dapat  bekerjasama dalam pembangunan yang sedang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Waykanan maju dan Berdaya Saing,” kata Desy.



Penulis : A.Kuntar
Editor : Yana

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami