Breaking News

Empat Desa Rawan Konflik Pilkades, Dinas PMD Mesuji Lakukan Pemetaan Dini

Empat Desa Rawan Konflik Pilkades, Dinas PMD Mesuji Lakukan Pemetaan Dini

gentamerah.com /// Mesuji – Diprediksi rawan konflik saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019, empat desa di Kabupaten Mesuji, Lampung  akan mendapatkan perhatian khusus saat pelaksanaan Pilkades serentak mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mesuji, Sunardi melalui Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Marhakim mengatakan, untuk saat belum dilakukan pemetaan desa-desa yang rawan saat pilkades. Namun,  isyu yang berkemang terdapat empat desa yang masuk daerah dalam kategori rawan konflik tersebut.

Menurutnya, keempat desa tersebut  berada di Kecamatan Mesuji dan 0Kecamatan Way Serdang “Nanti daerah itu  akan menjadi bahan peta kerawanan kita, masalah nama desanya nanti saja,” ujar dia.

Guna mengantisipasi masalah tersebut,  kata Marhakim , akan dilakukan sosialisasi dengan  bersinergi pihak terkait,  dari unsur TNI dan Polri. “Tentunya,  sosialisasi dan pemahaman akan lebih ditingkatkan,” katanya.

Marhakim merinci dari 105 desa, sebanyak  20 desa yang akan menggelar Pilkades serentak. “Tahapan seperti pembentukan panitia, Pilkades Mudah-mudahan tidak ada kendala apa-apa dan lancar-lancar saja,” harapnya.

Adapun Desa - Desa yang akan menggelar pilkades serentak Bulan Desember mendatang Yakni :

1. Kecamatan Mesuji Desa Wiralaga 1, Desa Nipah kuning, Desa sungai badak, Desa Tirtalaga, Desa mulya sari, Desa Tanjung serayan.

2. Kecamatan Simpang pematang Desa Harapan Jaya dan Desa Simpang Pematang.

3. Kecamatan Rawa Jitu Utara Desa Sidang Sido Rahayu, Desa Sidang Iso Mukti dan Desa  Panggung Jaya.

4. Kecamatan Tanjung Raya Desa Tri Karya Mulya, dan Desa Bujung Buring, Desa Mekar Sari

5. Kecamatan Way. Serdang Desa Gedung Boga, Desa Buko Poso, Desa Rejo Mulyo, dan Desa Labuhan Makmur Terakhir.

6. Kecamatan Mesuji Timur yakni Desa Tanjung Mas Mulya dan Desa Talang Batu.



Penulis : Andi Sunarya
Editor : Yana

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami