Breaking News

Raden Adipati: Ngaben Massal Banyak Menumbuhkembangkan Kebersamaan

Raden Adipati: Ngaben Massal Banyak Menumbuhkembangkan Kebersamaan

gentamerah.com | Banjit – Ngaben masal memuat satu nilai penting, yakni menumbuhkan semangat silaturahmi baik antar sesama Umat Hindu, maupun masyarakat dan pemerintah. Dengan acara tersebut akan memuat nilai-nilai religi yang sangat bermakna bagi kehidupan, termasuk nilai kebersamaan dan kegotong-royongan.

Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya mengungkapkan hal itu pada acara ngaben masal di Kampung Bali Shadar Selatan Kecamatan Banjit, Rabu (04/09/2019).

“Ngaben Masal ini tentunya akan lebih baik dari pada dilaksanakan sendiri-sendiri, yang akan mengeluarkan biaya yang sangat besar dan tenaga sangat banyak. Ruang seperti ini penting dan sangat strategis, selain bisa bertatap muka, dapat pula menjadi ajang sumbang saran, masukan dalam keberlanjutan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Waykanan,” kata dia.

Menurutnya, Waykanan yang dihuni oleh masyarakat dari berbagai suku bangsa. Disamping penduduk asli Lampung Waykanan, ada juga Suku Ogan, Semendo, Bali, jawa, Batak, Sunda dan banyak lagi, dengan adat istiadat dan agama berbeda. Namun, hampir tidak pernah terjadi perselisihan.

“Ketenteraman tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan umat beragama yang telah berperan memelihara dan menjaga toleransi serta memelihara persatuan dan kesatuan antar sesama umat,” kata Adipati.

Adanya perbedaan paham keagamaan tersebut, kata Adipati,  jangan dijadikan konflik, sebab ajaran agama adalah persoalan keyakinan yang tidak dapat dipaksakan dan merupakan hak mutlak yang harus dihargai dan dihormati, karena agama apa pun mengajarkan untuk hidup rukun di antara sesama manusia walaupun berbeda keyakinan.



Penulis : A.Kuntar
Editor : Nay

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami