Header Ads Widget

Dialog Lintas Agama, Wabup Waykanan Inginkan Toleransi Terus Ditingklatkan Hindarkan Perpecahan

Dialog Lintas Agama, Wabup Waykanan Inginkan Tingkatkan Toleransi - Hindarkan Perpecahan

gentamerah.com // Waykanan- Semangat kebersamaan harus terus dijaga, saling menghormati,  toleransi menghargai, saling membantu dan hidup rukun, karena manusia adalah makhkluk sosial yang senantiasa membutuhkan pertolongan orang lain. Semua agama mengecam tindak kekerasan atas nama apapun.

“Memupuk sikap toleransi dalam kebhinekaan yang sudah ada,  perlu terus ditingkatkan dan dilaksanakan untuk mencari titik persamaan bukan mencari perbedaan-perbadaaan yang mengarah kepada perpecahan, “ kata Wakil Bupati Waykanan, Edward Antony, pada acara dialog kebersamaan bersama umat lintas agama se-Kabupaten setempat, di GSG Blambanganumpu, Selasa (19/11/2019).

Menurut Edward, Secara umum kehidupan umat beragama di Kabupaten Waykanan dalam suasana yang aman, tentram dan damai. Meskipun di Kabupaten tersebut menganut berbagai agama, adat istiadat dan latar belakang suku bangsa. Namun masyarakatnya dapat hidup berdampingan secara harmonis.

“Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Waykanan sangat memberikan apresiasi yang tinggi, atas segala upaya masyarakat dan segenap unsur yang ada dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Waykanan selama ini,” ujarnya.

Adanya perbedaan paham keagamaan, kata Wabup, jangan dijadikan konflik, sebab ajaran agama adalah persoalan keyakinan yang tidak dapat dipaksakan dan merupakan hak mutlak yang harus dihargai dan dihormati, karena agama apa pun mengajarkan untuk hidup rukun diantara sesama manusia walaupun berbeda keyakinan.

“Bapak, ibu, saudara–saudara yang duduk dalam kepengurusan FKUB hendaknya dapat terus membangun komunikasi, melalui dialog lintas agama seperti yang dilaksanakan pada hari ini agar selalu terpelihara kesepahaman antar umat beragama. Selain itu, FKUB juga perlu mengembangkan aksi–aksi nyata yang langsung menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat. Bisa melalui kegiatan bhakti sosial, peduli korban bencana, pelatihan kerja dan sebagainya,” kata dia.




Penulis : A.Kuntar
Editor : Riasto

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar