Header Ads Widget

Wabup Pesawaran Akui Penggunaan Aplikasi Siskeudes Didesa Belum Sempurna

Wabup Pesawaran Akui Penggunaan Aplikasi Siskeudes Didesa Belum Sempurna

gentamerah.com // Pesawaran-  Kendati sudah diberlakukan Aplikasi Siskeudes, namun Laporan Realisasi APBDes belum sempurna, pasalnya admin dipegang oleh masing-masing desa, sehingga pemerintah desa dapat menambahkan sendiri kegiatan yang dilaksanakan.

Pengakuan itu diungkapkan Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan pada acara workshop siskeudes, di  Aula Pemda setempat, Rabu (20/11/2019). “Saya berharap, semua desa dapat menggunakan Aplikasi Siskeudes,  tetapi adminnya dari Dinas PMD,” katanya.

Menurutnya, pada Tahun 2017, Pemerintah daerah masih kesulitan melakukan Rekapitulasi tepat waktu, karena belum adanya aplikasi yang membantu pelaporan APBDes, sehingga dalam perencanaan, penganggaran, penata usaha dan laporan masih secara manual.

“Baru pada Tahun 2018 sampai dengan saat ini dengan menggunakan Siskeudes, ternyata sangat memudahkan desa dan Pemerintah, dalam hal tatakelola keuangan desa. Manfaat terpenting, salah satunya adalah desa dapat menyusun Laporan Realisasi APBDes dengan tepat waktu dan Dinas PMD dapat dengan mudah membuat Rekapitulasi Kompilasi Laporan Realisasi APBDes untuk seluruh Desa," ujarnya

Diakuinya, saat ini pemerintah desa dikabupaten setempat masih menerapkan Aplikasi Siskeudes secara offline, dengan metode export/import data. “Di masa depan, kami akan terus bergerak maju sehingga bisa menerapkan Aplikasi SISKEUDES secara online," jelas Eriawan

Supaya dapat melaksanakan pengelolaan keuangan desa dengan baik, kata Eriawan, dan sesuai dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin anggaran, Pemerintah Desa jangan ragu untuk berkonsultasi kepada Camat dan Dinas PMD selaku leading sectornya.


Penulis : Ali Mubaroq
Editor : Riasto



Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar